Ini 5 cara menghilangkan ngantuk yang perlu Anda coba

Rabu, 02 Juni 2021 | 10:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 cara menghilangkan ngantuk yang perlu Anda coba

ILUSTRASI. Ada banyak cara menghilangkan ngantuk yang bisa Anda praktikkan.


KESEHATAN - JAKARTA. Mengantuk adalah hal yang wajar dialami oleh manusia. Namun, masalah terjadi saat rasa kantuk sering datang dan mengganggu aktivitas Anda. Cara menghilangkan ngantuk pun perlu Anda coba supaya kegiatan Anda bisa tetap berjalan sesuai dengan rencana.

Cara agar tidak ngantuk yang pertama tentu saja dengan mencukupi waktu tidur di malam hari. Mengutip dari India Today (indiatoday.in), usahakan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam tiap malam. Namun, jangan tidur terlalu lama, ya.

Hal itu bisa mengganggu jadwal tidur di malam berikutnya. Selain mencukupi waktu tidur, tentu saja masih banyak cara mengatasi ngantuk lainnya yang bisa Anda praktikkan. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih, dan lain sebagainya.

Minum Air Putih

Air putih bisa jadi obat ngantuk, lo. Saat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, kerja otak menjadi terganggu sehingga Anda mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk minum 2 L air per hari.

Jumlah itu bisa berbeda, tergantung dari usia, berat badan, cuaca, dan faktor lainnya. Supaya angka tersebut bisa terpenuhi dan cairan dalam tubuh tetap terjaga, cobalah untuk menyediakan botol air minum di meja kerja atau meja belajar.

Baca Juga: Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang mudah Anda coba

Cuci Muka

Cara menghilangkan ngantuk berikutnya adalah dengan mencuci muka. Jika rasa kantuk benar-benar kuat, tak ada salahnya untuk menyikat gigi di tengah aktivitas yang sedang Anda jalani. Hal itu akan membuat tubuh Anda terbangun dan terasa segar sehingga kegiatan bisa Anda lanjutkan.

Permen Karet

Mengunyah permen karet jadi cara menghilangkan rasa ngantuk lainnya yang disebutkan India Today. Kegiatan itu dapat mencegah rasa kantuk berlebih. Namun, usahakan untuk tidak melakukannya terlalu sering, ya.

Mengunyah permen karet terlalu banyak justru bisa merusak kesehatan gigi. Sebagai pilihan, Anda bisa mengunyah permen karet yang mengandung sedikit gula. Dengan begitu, efeknya pada kesehatan gigi tidak terlalu banyak.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan ngantuk, nggak perlu kopi

Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi termasuk salah satu cara menghilangkan ngantuk.

Cara menghilangkan ngantuk yang tak boleh Anda lupakan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Alih-alih mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan mengandung lean protein.

Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein bukan lagi menjadi rahasia supaya rasa kantuk hilang. Beberapa jenis makanan yang mengandung kafein adalah kopi, teh, dan cokelat. Meski demikian, cobalah untuk tidak mengonsumsi lebih dari 500-600 mg kafein per hari.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan ngantuk agar tak ganggu kegiatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru