Ini 6 Cara Menghindari Aplikasi Scam di Play Store, Awas Penipuan Online

Rabu, 07 Juni 2023 | 10:10 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Menghindari Aplikasi Scam di Play Store, Awas Penipuan Online

ILUSTRASI. Ini 6 Cara Menghindari Aplikasi Scam di Play Store, Awas Penipuan Online


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara menghindari Aplikasi scam di Play Store terkait penipuan online. Tentu, marak terjadi perederan aplikasi penipuan online yang tersedia di toko aplikasi Android seperti Google Play Store.

Meskipun Google Play Store memiliki kebijakan dan proses yang ketat untuk mencegah masuknya aplikasi scam atau penipuan ke platform mereka, terkadang masih ada kemungkinan aplikasi scam dapat muncul di Play Store.

Aplikasi scam merupakan aplikasi yang didesain dengan maksud menipu pengguna, mencuri informasi pribadi, atau menghasilkan keuntungan secara tidak sah.

Melansir dari Forbes, Google telah membasmi 150 lebih aplikasi scam yang dinilai melakukan skema penipuan online pada tahun 2021.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login atau Dibuka oleh Pengguna

Cara menghindari aplikasi scam di play store

Untuk itu, ketahui beberapa jenis aplikasi scam yang terindikasi mengandung unsur penipuan online.

Beberapa contoh aplikasi scam di Play Store yang bisa dideteksi:

  • Aplikasi Palsu: Bentuk aplikasi ini mengklaim memberikan layanan atau fitur tertentu, tetapi sebenarnya hanya menipu pengguna dengan menampilkan iklan yang berlebihan atau meminta pembayaran untuk layanan yang tidak berguna.
  • Aplikasi Phishing: Aplikasi yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi pengguna, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi keuangan lainnya. Aplikasi ini mungkin meniru tampilan dan fungsi aplikasi yang terpercaya.
  • Aplikasi Malware: Aplikasi ini menyusupkan malware atau virus ke perangkat pengguna. Aplikasi ini dapat merusak perangkat, mencuri informasi, atau mengakses data pribadi pengguna tanpa izin.
  • Aplikasi Scam Penghasil Uang: Aplikasi scam ini menjanjikan pengguna dapat menghasilkan uang dengan cepat dan mudah, tetapi sebenarnya hanya meminta pengguna untuk membayar biaya atau melakukan tindakan tertentu tanpa memberikan hasil yang dijanjikan.

Agar pengguna bisa terhindar dari Aplikasi scam tentu bisa ikuti langkah untuk mengidentifikasi komponen berikut dilansir dari Google.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Cara menghindari aplikasi scam di Play Store

Untuk menghindari aplikasi scam di Play Store, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Memeriksa Ulasan dan Peringkat

Periksa ulasan dan peringkat pengguna sebelum mengunduh aplikasi. Baca komentar pengguna untuk melihat apakah ada keluhan atau peringatan tentang aplikasi yang mencurigakan.

2. Perhatikan Pengembang

Periksa profil pengembang aplikasi untuk melihat apakah mereka memiliki riwayat yang baik dan aplikasi lain yang telah diterbitkan. Hindari mengunduh aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal atau memiliki reputasi buruk.

Anda bisa juga cek dari laman media sosial yang tersedia seperti Instagram hingga Kantor asli untuk melakukan verifikasi kebenaran developer.

3. Periksa Izin Aplikasi

Ketika mengunduh aplikasi, periksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Jika aplikasi meminta izin yang tidak relevan atau berlebihan, sebaiknya hindari mengunduh aplikasi yang terindikasi sebagai aplikasi scam.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus

Instal aplikasi antivirus yang terpercaya dan lakukan pemindaian rutin untuk memeriksa keamanan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat. Hal ini terhindar dari adanya phising yang ada pada aplikasi yang resmi diunduh dari Play Store.

5. Jaga Sistem Operasi dan Aplikasi Tetap Terbaru

Pastikan sistem operasi perangkat Anda dan aplikasi yang terinstal diperbarui dengan versi terbaru, karena pembaruan biasanya mencakup perbaikan keamanan dan tindakan pencegahan terhadap aplikasi yang berbahaya.

6. Laporkan Aplikasi yang Mencurigakan

Apabila Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan atau scam di Play Store, laporkan kepada Google dengan menggunakan opsi pelaporan yang tersedia di Play Store.

Demikian beberapa cara menghindari aplikasi scam di Play Store yang terkait penipuan online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru