Ini Fitur Baru Instagram untuk Orangtua uang Ingin Awasi Anak, Sudah Tahu?

Jumat, 18 Maret 2022 | 05:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Fitur Baru Instagram untuk Orangtua uang Ingin Awasi Anak, Sudah Tahu?


INSTAGRAM - JAKARTA. Orangtua wajib mengetahui informasi ini. Instagram menghadirkan tools atau alat bantu yang memungkinkan orangtua memantau penggunaan aplikasi oleh anak. 

Alat yang disebut Parental Supervision ini dapat digunakan untuk memantau dan membatasi penggunaan Instagram oleh anak-anak. 

Untuk saat ini, fitur Parental Supervision baru tersedia untuk para orangtua di Amerika Serikat (AS). Namun, Instagram berencana untuk meluncurkan fitur serupa secara global dalam beberapa bulan mendatang. 

Dalam praktiknya, fitur ini memberikan orangtua kemampuan untuk mengetahui seberapa lama anak-anak menghabiskan waktu di Instagram. Mereka juga dapat melihat siapa saja pengguna yang diikuti (follow) ataupun mengikuti (followed by) akun Instagram anak. 

Dalam posting di blog, Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa alat ini juga mencakup notifikasi ketika anak-anak melaporkan seseorang di Instagram. 
Fitur ini disebut akan terus dikembangkan agar ke depannya orangtua dapat menentukan jam atau durasi penggunaan Instagram dalam sehari. 

Baca Juga: Ini Manfaat Sering Minum Teh, dari Menurunkan Tekanan Darah hingga Berat Badan

Fitur pengawasan ini akan tersedia dalam aplikasi Instagram versi mobile atau tablet. Sementara itu, orangtua atau orang dewasa dapat mengawasi akun anak melalui aplikasi Instagram versi mobile dan situs web.

Namun, praktik pengawasan ini juga harus dengan persetujuan anak. Jadi, anak-anak akan menerima notifikasi untuk menerima pengawasan dari orangtua. 

Bagian dari Family Center Meta Alat baru di Instagram ini merupakan bagian dari fitur Family Center yang sedang dikembangkan oleh Meta, perusahaan induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Fitur ini ditujukan agar orangtua memiliki akses yang mudah dalam satu tempat untuk mengawasi bagaimana anak-anak menggunakan aplikasi Meta, termasuk Instagram. 

Baca Juga: Gelombang 24 Prakerja Dibuka, Ini Ketentuan Upload Foto KTP dan Selfie

"Kami menyediakan alat pengawasan ini dalam Family Center baru. Kami bekerja dama dengan para ahli, orangtua, wali, dan anak-anak remaja untuk mengembangkan Family Center, yaitu tempat baru bagi orangtua untuk mengawasi akun anak mereka pada layanan/aplikasi Meta," kata Mosseri dalam unggahan blog, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs web Meta, Kamis (17/3/2022). 

Nantinya, Family Center juga akan tersedia untuk layanan Meta lainnya, seperti headset dan platform virtual reality (VR) Oculus. Dengan begitu, orangtua dapat menutup akses yang terlarang bagi anak-anak di dunia VR. 

Meta juga berencana menghadirkan opsi agar orangtua dapat memantau penggunaan VR, baik aktivitas maupun durasinya melalui aplikasi Oculus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Instagram Bikin Fitur bagi Orangtua yang Ingin Awasi Anak"
Penulis : Lely Maulida
Editor : Reska K. Nistanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru