Jaga kesehatan tubuh, berikut 4 manfaat tomat untuk Anda

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jaga kesehatan tubuh, berikut 4 manfaat tomat untuk Anda

ILUSTRASI. Ada beragam manfaat tomat yang dapat Anda temui.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tomat merupakan salah satu jenis bahan alami yang sebaiknya Anda konsumsi secara teratur. Bukan tanpa alasan, manfaat tomat berguna untuk menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh. Hal itu disebabkan karena tingginya nutrisi yang terkandung dalam tomat.

Health (health.com) menyebutkan, satu buah tomat berukuran sedang hanya mengandung 22 kalori dan 5 g karbo. Mengonsumsi tomat juga bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C per hari hingga 40%.

Tidak berhenti sampai di situ, tomat dipenuhi dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, vitamin K yang berguna kekuatan tulang, serta kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan rutin memakannya, manfaat-manfaat berikut ini bisa Anda dapatkan.

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang telah dikatakan, tomat memiliki vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Manfaat tomat itu semakin ditunjang dengan adanya likopen, lutein, dan betakaroten. Nutrisi-nutrisi itu mampu melindungi mata dari banyak gangguan, misalnya katarak dan degenerasi makular.

Baca Juga: 4 Obat tekanan darah tinggi yang mudah Anda temukan

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat tomat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Menurut hasil penelitian, tomat mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan meningkatkan produksi kolagen. Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa mengombinasikan tomat dengan minyak zaitun. Gunakan masker itu secara teratur sehingga kesehatan kulit Anda bisa tetap terjaga.

Selain digunakan sebagai masker, Anda juga bisa mengonsumsi tomat dan minyak zaitun. Pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya. Dengan begitu, likopen dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit bisa terserap dengan maksimal.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengutip dari Health, mengonsumsi likopen yang ada dalam tomat lebih efektif melindungi kesehatan jantung daripada Anda mengonsumsi suplemen likopen. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa likopen mampu menurunkan risiko kematian penderita sindrom metabolik.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa Anda jadikan obat sesak nafas, lo

Baik untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat tomat adalah mengobati sembelit.

Manfaat tomat berikutnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Satu buah tomat berukuran besar mengandung 6 ons air dan 1.5 g serat. Nah, kandungan itulah yang bisa menghindarkan Anda dari sembelit.

Namun, tomat yang dimasak mengandung zat asam yang lebih tinggi. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati jika memiliki penyakit GERD atau penyakit lambung yang lain. Jangan ragu untuk membicarakan kondisi tubuh Anda dengan dokter.

Selanjutnya: 7 Makanan yang bisa mengontrol gula darah, kenyang lebih lama

Editor: Belladina Biananda
Terbaru