Jangan sampai terinfeksi, lakukan 3 cara pencegahan Covid-19 dengan disiplin

Senin, 18 Januari 2021 | 20:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan sampai terinfeksi, lakukan 3 cara pencegahan Covid-19 dengan disiplin

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin Virus Corona mengalami perkembangan di seluruh dunia. Meski demikian, Anda tidak boleh lengah untuk melakukan pencegahan Covid-19. Apalagi sampai saat ini, belum semua orang mendapat vaksin sehingga tingkat transmisi Virus Corona masih tinggi.

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), jaga jarak dengan orang lain dan memakai masker secara benar dapat mencegah infeksi Virus Corona sebanyak 87%. Hasil tersebut didapat dari uji coba yang dilakukan para peneliti di Case Western Reserve University.

Jaga jarak tidak cukup efektif mencegah infeksi Virus Corona jika tidak dibarengi dengan memakai masker yang benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjaga jarak saja hanya mampu mengurangi tingkat penularan Covid-19 sebanyak 16%.

Angka tersebut masih bisa meningkat hingga 92%-96% jika diimbangi dengan tes Covid-19 secara rutin. Poin penting yang perlu Anda perhatikan adalah pencegahan Covid tersebut perlu dijalankan secara bersama-sama.

Baca Juga: 9 Hal yang harus dilakukan saat anggota keluarga terinfeksi virus corona

Jika Anda perlu naik pesawat untuk menyelesaikan urusan yang benar-benar penting, usahakan untuk melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu. Mengutip dari Best Life, cobalah untuk melakukannya satu hingga tiga hari sebelum jadwal keberangkatan.

Jangan lupa untuk melakukan tes lagi tiga hingga lima hari setelah bepergian. Supaya pencegahan Covid-19 bisa lebih maksimal, Anda perlu melakukan isolasi mandiri selama satu minggu penuh meski hasil tes Anda dinyatakan negatif dari infeksi Virus Corona.

Baca Juga: Kenali 5 fakta tentang vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang dipakai di Indonesia

Hal itu penting dilakukan karena risiko terinfeksi Virus Corona meningkat saat Anda bepergian. Di bandara yang penuh dengan orang lain, Anda mungkin akan kesulitan untuk menjaga jarak. Selain itu, masih banyak lagi kondisi yang dapat meningkatkan risiko tertular Covid-19.

Selain melakukan jaga jarak, memakai masker secara benar, dan rajin melakukan tes, usahakan untuk melakukan pencegahan Covid-19 yang lain. Mulai dari rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga.

Selanjutnya: Kenali 3 efek yang bisa terjadi dalam tubuh usai disuntik vaksin virus corona

Editor: Belladina Biananda


Terbaru