Kenali 4 Makanan Berbahaya Untuk Kesehatan Hati yang Sebaiknya Dihindari

Jumat, 24 Juni 2022 | 05:02 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 4 Makanan Berbahaya Untuk Kesehatan Hati yang Sebaiknya Dihindari

ILUSTRASI. Menjaga asupan makanan adalah salah satu cara menjaga kesehatan hati atau liver.


KONTAN.CO.ID - Asupan makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan hati. Untuk itu, agar kesehatan hati tetap terjaga ada beberapa makanan berbahaya untuk kesehatan hati yang perlu Anda hindari. 

Sebelum itu, perlu Anda ketahui hati atau liver adalah salah satu organ terbesar dan vital dalam tubuh manusia. Hati mempunyai fungsi yang berkaitan dengan sistem pencernaan khususnya untuk mengolah dan membuang yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan hati penting untuk dilakukan. 

Selain itu, hati juga mempunyai fungsi lain seperti menjaga daya tahan tubuh, metabolisme tetap baik, hingga memproduksi sel-sel darah. Sehingga, jika kesehatan hati terganggu akan berdampak terhadap organ-organ vital dalam tubuh lainnya. 

Baca Juga: Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Coba Lakukan 5 Cara Berikut

Melansir dari Eating Well, berikut terdapat beberapa makanan berbahaya yang sebaiknya dihindari guna menjaga kesehatan hati, di antaranya: 

Alkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang berbahaya bagi kesehatan hati. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi alkohol. Terlebih jika Anda sudah mempunyai gejala-gejala penyakit hati atau liver. 

Selain berbahaya untuk kesehatan hati, mengkonsumsi alkohol juga berisiko menimbulkan penyakit lainnya. Contohnya, seperti asam lambung naik, gula darah tinggi, berat badan naik, dan berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan lainnya. 

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng seperti ceker ayam dan kentang goreng atau makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi juga sebaiknya dihindari karena berbahay untuk kesehatan hati. 

Pasalnya, mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dapat mempersulit hati Anda untuk melakukan tugasnya serta dapat menyebabkan peradangan hati dan kemungkinan kerusakan hati yang berbahaya. 

Baca Juga: Mampu Mencegah Batu Ginjal, Kenali 6 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Lainnya

Daging Olahan

Selain makanan yang digoreng, berbagai jenis daging olahan juga merupakan makanan yang berbahaya bagi kesehatan hati. 

Contohnya, seperti salami, bacon, dan hot dog cenderung sangat tinggi lemak jenuhnya. Makanan daging olahan tersebut yang bila dimakan terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan hati Anda. Jika Anda memilih untuk makan daging olahan, lakukan dalam jumlah kecil dan pilih daging tanpa lemak.

Soda

Selain alkohol, Anda juga perlu waspada jika sering mengkonsumsi minuman bersoda. Pasalnya, soda mengandung sedikit nutrisi yang artinya kurang baik untuk kesehatan termasuk hati atau liver. 

Selain itu, soda juga mengandung banyak gula yang dapat menjadi lemak. Sehingga terlalu banyak mengkonsumsi soda berisiko meningkatkan penyakit hati berlemak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru