Kenali 4 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Catat!

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:40 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 4 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan, Catat!

ILUSTRASI. Sirsak.


KESEHATAN - Sirsak adalah salah satu buah yang lezat dan menyegarkan saat disantap. Selain itu, mengkonsumsi buah sirsak juga memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat yang disajikan buah sirsak tak lepas dari kandungan nutrisi didalamnya. Contohnya, seperti serat, protein, vitamin C, vitamin B, kalsium, kalium dan berbagai nutrisi lainnya. 

Di Indonesia, buah sirsak kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti jus, puding, es buah, dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan sirsak cukup populer mempunyai rasa manis asam yang lezat saat dikonsumsi. Serta tak sedikit juga buah sirsak dikonsumsi secara langsung. 

Baca Juga: 4 Manfaat Nangka Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui, Apa Saja?

Selain buahnya yang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, daun, akar juga tak kalah hebat mempunyai banyak manfaat dan berbagai khasiat untuk kesehatan. 

Melansir dari Guardian, berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan: 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat mengkonsumsi buah sirsak adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak mengandung cukup banyak vitamin C yang dapat membantu melawan patogen dan melindungi kulit dari kerusakan oksidasi. 

Buah sirsak juga mengandung fitosterol yang membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah serta flavonoid yang dapat menangkal berbagai radikal bebas. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Melawan Peradangan

Buah sirsak termasuk salah satu jenis buah yang mengandung banyak antioksidan. Oleh sebab itu, antioksidan yang terkandung dalam buah sirsak mampu melawan berbagai jenis peradangan termasuk asma, penyakit jantung, diabetes, radang sendi dan lain-lain. 

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah Sirsak membantu memperbaiki sembelit dengan memperlambat pencernaan sekaligus menjaga kadar gula darah. Hal tersebut terbukti menjadi pengobatan pencegahan yang bagus untuk penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Sifat antivirus dan antiparasit dalam buah sirsak mampu mencegah cacingan dan parasit yang menyusup ke saluran pencernaan. Sehingga mengkonsumsi buah sirsak sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. 

Baca Juga: Manjur! Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Minum Obat

Menstabilkan Tekanan Darah Anda

Buah sirsak mengandung potasium dan zat besi yang cukup tinggi. Hal tersebut mampu menurunkan tingkat tekanan darah. Selain itu, kalium yang terkadung dalam buah sirsak dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Meski demikian, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah tersebut untuk menghindari efek samping. Serta sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter guna mendapatkan manfaat yang maksimal dan efek samping seminimal mungkin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru