CLOSE [X]

Manjur! Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Minum Obat

Selasa, 21 Juni 2022 | 13:54 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Manjur! Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Minum Obat

ILUSTRASI. Cara mengatasi asam lambung.


KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Namun, ada beberapa cara yang manjur untuk mengatasi asam lambung yang mudah untuk dilakukan tanpa harus mengonsumsi obat.

Asam lambung merupakan suatu masalah kesehatan yang cukup sering dialami. Penderita asam lambung biasanya akan merasakan gejala-gejala yang membuat tidak nyaman, seperti mual, nyeri ulu hati, hingga tenggorokan terasa panas. 

Soalnya, asam lambung Anda naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan berbagai macam gejala tersebut. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Semakin Waspada Diabetes

Untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa cara mengatasi asam lambung, yang dilansir dari Harvard Health, yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Hindari makanan tertentu

Asupan makanan memang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan guna mengatasi asam lambung. Sebab, ada beberapa makanan yang bisa memicu asam lambung naik. Contohnya, makanan berlemak, pedas, kafein, dan alkohol. 

Hindari minuman berkabonasi

Cara mengatasi asam lambung selanjutnya adalah hindari minuman berkorbonasi. Minuman yang mengadung karbonasi seperti soda bisa membuat sendawa dan memicu asam lambung naik ke kerongkongan. 

Baca Juga: 6 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Cocok Untuk Dijadikan Camilan

Berhenti merokok

Jika Anda adalah seorang perokok aktif, berhenti merokok merupakan cara yang bijak mengatasi asam lambung. Pasalnya, rokok mengandung nikotin yang dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah. 

Jangan makan terburu-buru

Bagi Anda penderita asam lambung, usahakan untuk tidak makan terburu-buru. Soalnya, asam lambung cenderung akan naik ketika perut dalam kondisi terlalu penuh. 

Disarankan untuk makan secara teratur serta lebih baik makan sedikit tapi sering daripada langsung banyak sekaligus. Makan banyak sekaligus bisa memicu naiknya asam lambung. 

Baca Juga: Putih Kinclong! Simak 5 Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Bahan Alami

Begadang setelah makan

Hindari begadang setelah Anda makan adalah salah satu cara menghindari asam lambung. Sebaiknya, Anda makan seminimalnya 3 jam sebelum tidur. 

Begitupun saat siang hari, untuk mencegah asam lambung jangan tidur siang setelah Anda baru mengonsumsi makanan berat.

Hindari olahraga berat setelah makan

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Berjalan-jalan setelah makan malam baik-baik saja, tetapi olahraga yang lebih berat, terutama jika melibatkan membungkuk, bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia, Sudah Coba Lakukan 5 Hal Ini?

Menggunakan bantal saat tidur

Gunakan bantal yang pas saat tidur merupakan salah satu alternatif mengatasi asam lambung naik. Pakai beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi, sehingga bisa menurunkan risiko asam lambung naik. 

Menurunkan berat badan

Cara mengatasi asam lambung lainnya adalah dengan menurunkan berat badan, terkhusus bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih. Karena, kebanyakan orang mempunyai lemak berlebih cenderung mempunyai risiko lebih tinggi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru