Libur Hari Raya Nyepi 2022, Ini 15 Ucapan yang Penuh Makna

Kamis, 03 Maret 2022 | 03:57 WIB Sumber: Kompas.com
Libur Hari Raya Nyepi 2022, Ini 15 Ucapan yang Penuh Makna

ILUSTRASI. Hari ini Kamis (3/3/2022), merupakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal


LIBUR NASIONAL - JAKARTA. Hari ini Kamis (3/3/2022), merupakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944. Untuk memperingati Hari Raya Nyepi, umat Hindu maupun non-Hindu biasanya mengirimkan ucapan melalui pesan singkat, media sosial, maupun kartu ucapan. 

Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana, I Gede Pitana mengatakan, Nyepi adalah perayaan Tahun Baru Isaka atau Tahun Baru Saka, yang berdasarkan perhitungan kalender Hindu. 

Penanggalan Isaka dimulai 78 tahun setelah tahun masehi. Tahun baru tersebut dilakukan dengan melakukan introspeksi diri dengan cara menyepi. 

“Tahun baru itu dirayakan dengan melakukan introspeksi diri, sehingga kita melaksanakan dengan cara yang sepi atau menyepi yang merupakan cara terbaik untuk introspeksi diri, jadi orang introspeksi diri akan lebih bagus jika dalam sepi, tidak dalam ramai-ramai,” terangnya kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (28/02/2022). 

Baca Juga: Kumpulan 16 Link Twibbon Hari Raya Nyepi 2022 dan Cara Membagikannya di Sosial Media

Itulah sebabnya, Tahun Baru Isaka diperingati dengan menyepi selama 24 jam. Hal ini ditandai dengan larangan amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan). 

“Sebenarnya semua itu bermakna saatnya kita untuk mencari diri ke dalam, tidak keluar, dan mengendalikan api-api yang ada dalam diri, seperti api kemarahan, api dengki, dan sebagainya, itu makna yang sesungguhnya dari Nyepi,” jelasnya. 

Ucapan selamat Hari Raya Nyepi 

Untuk mengirimkan ucapan selamat Hari Raya Nyepi, Pitana menuturkan sudah dapat mulai disampaikan pada Selasa (01/03/2022). Sebab, Hari Raya Nyepi memiliki empat rangkaian perayaan, meliputi upacara Melasti, Tawur Kesanga, Hari Raya Nyepi, dan Ngembak Geni. 

Tidak ada ketentuan khusus mengenai waktu penyampaian ucapan selamat Hari Raya Nyepi, sehingga ucapan dapat dikirim sebelum maupun saat Hari Raya Nyepi. 

Baca Juga: ​Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi 2022 dalam Bahasa Bali dan Indonesia

Namun, perlu diketahui ada beberapa umat Hindu yang tidak menyalakan gawai selama peringatan tersebut. Jadi, jangan heran jika penerima ucapan belum memberikan balasan atau pesan belum terkirim. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru