Melembabkan, berikut 5 manfaat tomat untuk wajah Anda

Senin, 06 Desember 2021 | 15:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Melembabkan, berikut 5 manfaat tomat untuk wajah Anda

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat tomat untuk wajah.


KESEHATAN - JAKARTA. Apakah Anda tahu bahwa ada banyak manfaat tomat untuk wajah? Dengan memakai bahan alami tersebut secara teratur, berbagai jenis masalah kulit dapat Anda hindari sehingga kesehatan kulit pun selalu terjaga.

Alasannya karena berbagai macam kandungan yang ada dalam tomat. Healthline (healthline.com) mengatakan, tomat mengandung banyak vitamin C, vitamin A, beta karoten, kalium, magnesium, dan antioksidan lain yang melindungi kulit Anda dari berbagai macam masalah.

Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati jika ingin menggunakan tomat karena bisa memicu reaksi alergi. Untuk menghindari munculnya kemerahan dan kulit yang terasa gatal, Anda bisa mencoba tomat di satu bagian kulit terlebih dahulu. Jika tak ada reaksi, berarti tomat cukup aman untuk Anda pakai.

Melembabkan Wajah

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya berguna untuk melembabkan kulit. Seperti yang telah dikatakan, tomat mengandung banyak kalium sehingga bisa mengatasi kulit yang kekurangan mineral tersebut, apalagi bagi Anda yang menderita eksim.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam, praktis dan mudah dicoba

Mengurangi Produksi Minyak

Manfaat tomat untuk wajah adalah mengurangi produksi minyak.

Selain sering memicu kemunculan jerawat, produksi minyak di kulit yang berlebihan juga dapat membuat aplikasi make up kurang maksimal. Nah, cobalah untuk memanfaatkan tomat supaya produksi minyak dapat berkurang.

Mengatasi Efek Sinar Matahari

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah kulit adalah paparan sinar matahari berlebih. Namun, hal itu bisa dicegah dengan manfaat tomat untuk wajah. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi tomat mengalami penurunan sensitivitas terhadap sinar matahari.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal tersebut. Supaya kulit benar-benar terlindungi dari sinar matahari, usahakan untuk memakai sunblock, baju dan celana panjang, serta perlindungan lain yang bisa menghindarkan Anda dari efek sinar matahari.

Baca Juga: Baik untuk pencernaan, ini manfaat pepaya muda untuk kesehatan

Mengangkat Sel Kulit Mati

Umumnya, masalah kulit terjadi akibat pori-pori kulit yang tersumbat kotoran dan sel kulit mati. Maka dari itu, membersihkan sel kulit mati atau eksfoliasi perlu Anda lakukan secara rutin. Hal itu bisa Anda coba dengan memanfaatkan tomat.

Tomat mengandung pektin dan flavonoid yang berguna untuk membersihkan pori-pori. Selain membersihkan kulit mati, bahan alami tersebut juga mampu memperbaiki tekstur kulit sehingga wajah akan lebih halus dan lembut.

Cegah Penuaan

Salah satu manfaat tomat untuk wajah adalah mencegah tanda-tanda penuaan.

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan memang lebih mudah terlihat. Namun, kemunculan tanda penuaan bisa Anda cegah dengan tomat, lo. Mengutip dari Healthline, likopen dan vitamin C dalam tomat mampu melawan radikal bebas yang merusak sel sehingga tanda penuaan pun bisa dicegah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru