Meningkatkan imun tubuh, berikut 4 manfaat buah naga

Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Meningkatkan imun tubuh, berikut 4 manfaat buah naga

ILUSTRASI. Ada beragam manfaat buah naga. /Dok-Meriyana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mendapat beragam manfaat buah naga. Alasannya karena salah satu jeni sbuah tropis itu memiliki segudang nutrisi. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, zat besi, magneisum, vitamin C, dan vitamin serta mineral yang lain.

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengupas kulitnya lalu mengonsumsi daging buahnya secara langsung. Selain itu, buah naga juga bisa dibuat menjadi smoothie atau dicampur dengan bahan lain menjadi salad.

Meski pada umumnya bisa dikonsumsi siapa saja, bukan berarti Anda bisa makan buah naga dalam jumlah yang berlebihan, ya. Usahakan untuk membicarakan porsi buah naga yang sesuai dengan kebutuhan Anda ke dokter. Khususnya bagi Anda yang menderita penyakit tertentu.

Mencegah Anemia

Anemia bisa terjadi karen tubuh Anda kekurangan zat besi. Biasanya, beberapa gejala yang Anda alami adalah kelelahan, kulit pucat, pusing, dan sesak napas. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Anda perlu mengonsumsi buah naga secara teratur karena buah naga memiliki banyak zat besi.

Baca Juga: Menderita diabetes? Ini 4 jus buah yang efektif menurunkan kadar gula darah

Mencukupi Kebutuhan Lemak Sehat

Salah satu sumber manfaat buah naga adalah asam lemak omega-3.

Tidak semua jenis lemak buruk untuk kesehatan. Salah satu manfaat buah naga datang dari kandungan asam lemak sehat, yaitu asam lemak omega-3. Dengan mengonsumsi nutrisi itu, ada banyak risiko kesehatan yang dapat Anda hindari. Misalnya, penyakit jantung dan kanker.

Tak hanya itu, mengonsumsi buah naga juga bisa menjaga kesehatan mental Anda, lo. Melansir Greatist (greatist.com), asam lemak omega-3 dapat mengobati depresi yang mana baik untuk kesehatan mental Anda.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memegang peranan penting dalam kehidupan Anda sehari-hari. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kondisinya supaya tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah naga.

Buah naga memiliki banyak prebiotik. Mengonsumsinya secara rutin dapat menghindarkan Anda dari diare dan infeksi saluran pencernaan. Kanker usus dan inflammatory bowel disease juga bisa Anda hindari dengan mengonsumsi buah naga.

Baca Juga: Simak 6 efek samping konsumsi vitamin C terlalu banyak

Kaya Serat

Manfaat buah naga berasal dari kandungan seratnya.

Manfaat buah naga selanjutnya berasal dari kandungan serat yang cukup tinggi. Melansir Greatist, Anda bisa mendapat 6 g serat dengan mengonsumsi 200 g buah naga. Selain bisa jadi penurun berat badan, serat juga efektif mencegah diabetes, stroke, hipertensi, dan penyakit jantung.

Selanjutnya: 6 jus buah yang efektif mengontrol dan menurunkan gula darah tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru