Mudah dan cepat, begini 4 cara mengecek tagihan BPJS

Kamis, 25 November 2021 | 15:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dan cepat, begini 4 cara mengecek tagihan BPJS

ILUSTRASI. Cara mengecek tagihan BPJS bisa Anda lakukan di website resmi BPJS. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BPJS Kesehatan adalah salah satu jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda gunakan. Untuk melihat berapa biaya yang perlu Anda bayar, ada beberapa cara mengecek tagihan BPJS.

Sebab tentu saja, Anda perlu membayar iuran tiap bulan supaya asuransi kesehatan dari pemerintah itu bisa Anda gunakan. 

Ada banyak manfaat BPJS Kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, biaya pengobatan penyakit yang Anda derita ditanggung oleh asuransi itu.

Ada beberapa kelas BPJS Kesehatan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan. Dan, cara membayar yang beragam dan cukup mudah untuk Anda lakukan.

Mengutip dari laman resmi BPJS Kesehatan, bpjs-kesehatan.go.id, kelas 3 BPJS Kesehatan dikenai biaya sebesar Rp 42.000 per bulan.

Sedangkan biaya untuk kelas 2 adalah Rp 100.000 dan biaya kelas 1 sebesar Rp 150.000 per bulan. Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa cara cek tagihannya.

Baca Juga: Mudah, ini cara pindah faskes BPJS Kesehatan, bisa online atau ke kantor layanan

Website

Cara mengecek tagihan BPJS Keseahatan yang pertama adalah di website resmi BPJS Kesehatan. Pada website itu, pergi ke menu cek iuran, isi data-data yang dibutuhkan, kemudian klik tombol cek.

Setelah beberapa saat, Anda akan menemukan informasi mengenai tagihan BPJS Kesehatan yang perlu Anda bayar.

Aplikasi

Selain website, Anda juga bisa menggunakan aplikasi. Anda perlu mengunduh dan memasang aplikasi JKN mobile terlebih dahulu.

Dalam aplikasi itu, Anda bisa menemukan berbagai macam fitur selain mengecek tagihan, misalnya denda yang harus Anda bayar.

Baca Juga: 3 Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, gampang

E-Commerce

Ada banyak e-commerce yang memberi Anda kemudahan untuk melakukan cara mengecek tagihan BPJS, salah satunya adalah Tokopedia.

Di aplikasi belanja tersebut, Anda perlu pergi ke menu tagihan lalu pilih BPJS Kesehatan. Selanjutnya, masukkan nomor virtual account BPJS lalu akan muncul daftar tagihan Anda.

Kantor BPJS Kesehatan

Anda masih bisa melihat tagihan BPJS selain menggunakan cara-cara di atas. Cara yang dimaksud adalah dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan yang dekat dengan rumah Anda.

Di kantor tersebut, Anda bisa bertanya kepada pegawai yang sedang bertugas supaya kendala yang Anda alami bisa dibantu.

Selanjutnya: Taspen tingkatkan sinergi dalam melakukan reformasi layanan terhadap ASN

Editor: Belladina Biananda
Terbaru