Mulai Feng Shui dengan 5 Ruangan ini Dalam Rumah, Mana Saja yang Perlu Diperhatikan?

Senin, 04 Juli 2022 | 11:12 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mulai Feng Shui dengan 5 Ruangan ini Dalam Rumah, Mana Saja yang Perlu Diperhatikan?

ILUSTRASI. Mulai Feng Shui dengan 5 Ruangan ini Dalam Rumah, Mana Saja yang Perlu Diperhatikan?


FENG SHUI - Mulai Feng Shui dengan 5 ruangan ini dalam rumah, mana saja yang perlu diperhatikan? Buat Anda yang mungkin baru atau ingin menerapkan Feng Shui di rumah, berikut ruangan yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Everydayhealth (04/07/2022), Feng Shui memiliki banyak prinsip dan mungkin sulit untuk dipahami bagaimana menerapkannya pada ruangan lengkap dengan perabotan yang ada di dalam rumah.

Bahkan, Anda mungkin juga tidak yakin apakah boleh "melanggar" beberapa peraturan. Konon, berikut beberapa cara yang dapat Anda mulai untuk menerapkan Feng Shui di ruangan tertentu dalam rumah. 

Kira-kira mulai dari ruang apa dulu? Berikut ini 5 ruangan untuk mulai Feng Shui di dalam rumah.

1. Kamar tidur

Kamar tidur dengan lampu

Kamar tidur memiliki dua fungsi, yakni untuk tidur dan gairah atau membangun hubungan kata Karen Rauch Carter, seorang konsultan Feng Shui profesional dan penulis buku Move Your Stuff Change Your Life.

Pastikan ruangan Anda tidak menjadi tempat di mana barang-barang berserakan di sektiarnya. Seperti papan setrika hingga perlengkapan lainnya yang mungkin tidak dibutuhkan segera dibereskan.

Tidak hanya itu saja, keluarkan barang-barang lainnya yang mewakili mata (seperti patung atau foto keluarga) dari ruangan tersebut.

Baca Juga: Ini Pilihan Warna yang Mengundang Keberuntungan di Rumah Anda Menurut Feng Shui

2. Ruang tamu

Wallpaper motif tropis dengan warna hijau

Posisi pintu masuk di ruang tamu dianggap memberdayakan atau memerintah. Tempatkan furnitur seperti kursi di ruang tamu pada posisi punggung yang menempel pada dinding yang kokoh, tidak mengambang di tentah ruangan.

Di sini Anda harus bisa melihat siapa saja yang masu ke dalam rumah, tetapi tidak boleh langsung sejajar dengan pintu masuk. 

3. Dapur

Ciptakan Dapur dan Ruang Makan Rapi dan Nyaman, Simak Tips Jitu dari IKEA!

Bersih-bersih dan beres-beres adalah sesuatu yang penting dalam Feng Shui. Itu berlaku untuk setiap ruangan di rumah Anda.

Termasuk dapur yang menjadi tempat atau ruangan dalam rumah yang baik untuk memulai. Mulailah dengan membersihkan barang-barang yang mungkin sudah kadaluarsa atau tidak terpakai dari dapur.

Singkirkan juga peralatan yang sekali pakai yang tidak pernah Anda gunakan lagi untuk memasak.

Dengan menyingkirkan hal-hal ini, Anda membuka jalan bagi hal-hal lain untuk datang ke dalam hidup Anda.

Baca Juga: Inilah Tips Feng Shui di Ruangan Dapur yang Dapat Menciptakan Keharmonisan Hubungan

4. Kamar mandi

Kamar mandi dengan bathtub dan shower

Jika kamar mandi di rumah Anda berbagi dinding dengan tempat tidur, letakkan cermin di dinding kamar mandi tersebut.

"Letakkan cermin menghadap ke luar, hal tersebut untuk mendorong energi ke saluran pembuangan yang berasal dari pipa ledeng," ujar Carter.

Pastikan kamar mandi menjadi tempat yang terasa santai dan menyenangkan. Ini bisa dilakukan dengan cara apa pun sesuai dengan preferensi Anda.

Misalnya, warna cat kamar mandi yang terlihat menyenangkan, menggunakan handuk yang mewah atau bahkan menggunakan lilin aroma terapi.

5. Ruangan kantor di rumah, jika ada

Interior rumah dengan furnitur meja kaca

Jika Anda mungkin memiliki ruangan yang dijadikan sebagai kantor atau tempat kerja di rumah, coba tempatkan meja Anda pada posisi memerintah.

Kemudian, lihatlah barang-barang yang Anda gantung di dinding. Jika ada yang bertema air di salah satu karya seni atau mungkin luksain, dan garis air lebih tinggi dari hidung Anda, mungkin ini terasa seolah-olah berada di bawah air.

Menurut Carter itu seperti tenggelam di antara tanggung jawab Anda atau kacau dan tidak teratur.

"Tempatkan gambar air seperti yang ditemukan di alam. Kami biasanya tidak hidup lebih rendah adri air," kata Carter.

Carter juga menyarankan untuk menggantung gambar atau lukisan tersebut lebih rendah dari hidung Anda. Mungkin terdengar sedikit aneh, namun analoginya terdengar masuk akal juga, ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru