Perut Buncit Sangat Mengganggu, Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Kamis, 16 Juni 2022 | 05:00 WIB Sumber: Kompas.com
Perut Buncit Sangat Mengganggu, Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang proporsional. Termasuk memiliki perut rata alias tidak buncit. Sebab, perut buncit sangat mengganggu penampilan. Bagaimana cara mengecilkan perut buncit?

Berikut 12 tips atau cara mudah untuk mengurangi perut buncit: 

1. Makan banyak serat larut 

Dilansir dari Healthline, (24/2/2020), serat larut dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi penyerapan kalori. 

Cobalah untuk memasukkan banyak makanan berserat tinggi dalam diet penurunan berat badan Anda. Sumber serat larut yang sangat baik adalah biji rami, mie shirataki, kubis Brussel, buah alpokat, polong-polongan, dan blackberry. Oleh karena itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari. 

2. Hindari makanan berlemak trans 

Beberapa penelitian telah menghubungkan asupan tinggi lemak trans dengan peningkatan lemak perut. Terlepas dari apakah Anda mencoba menurunkan berat badan, membatasi asupan lemak trans adalah ide yang bagus. 

Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan Anda, baca label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Hal ini sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi parsial. 

Baca Juga: 3 Infused Water yang Efektif Membakar Lemak Perut dengan Cepat

3. Jangan minum alkohol terlalu banyak 

Studi observasional menghubungkan konsumsi alkohol berat dengan peningkatan risiko yang signifikan untuk mengembangkan obesitas sentral, yaitu penyimpanan lemak berlebih di sekitar pinggang. 

Hasilnya, dengan mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu mengurangi ukuran pinggang Anda. Anda tidak perlu berhenti sama sekali, tetapi membatasi jumlah yang Anda minum dalam satu hari dapat membantu. 

Hasil penelitian menunjukkan mereka yang minum alkohol setiap hari tetapi rata-rata kurang dari satu gelas per hari memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang minum lebih sedikit tetapi mengonsumsi lebih banyak alkohol pada hari-hari mereka minum. 

4. Makan makanan berprotein tinggi 

Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang makan diet rendah protein. 

Anda bisa mendapatkan sumber protein yang baik seperti daging, ikan, telur, produk susu, protein whey, dan kacang polong. 

5. Kurangi stres 

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. 

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Selain itu, berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif. 

Baca Juga: Hindari, Ini 7 Makanan Penyebab Perut Buncit

6. Jangan banyak makan makanan manis 

Studi observasional menunjukkan hubungan antara asupan gula yang tinggi dan peningkatan lemak perut. Penting untuk disadari bahwa lebih dari sekadar gula rafinasi dapat menyebabkan penambahan lemak perut. 

Bahkan gula yang lebih sehat, seperti madu asli, harus digunakan dengan hemat. 

7. Lakukan latihan aerobik (kardio) 

Studi juga menunjukkan bahwa latihan aerobik (kardio) adalah salah satu bentuk latihan paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Bagaimanapun, frekuensi dan durasi program latihan Anda lebih penting daripada intensitasnya. 

Disarankan untuk Anda yang ingin mengurangi lemak perut dengan melakukan aerobik selama 300 menit per minggu. 

8. Kurangi karbohidrat olahan 

Sebab, asupan tinggi karbohidrat olahan dikaitkan dengan lemak perut yang berlebihan. Pertimbangkan untuk mengurangi asupan karbohidrat Anda atau mengganti karbohidrat olahan dalam diet Anda dengan sumber karbohidrat sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, atau sayuran. 

9. Lakukan latihan angkat beban (resistensi) 

Latihan kekuatan dapat menjadi strategi penurunan berat badan yang penting dan dapat membantu mengurangi lemak perut. Studi menunjukkan itu bahkan lebih efektif dalam kombinasi dengan latihan aerobik. 

10. Hindari semua minuman yang dimaniskan dengan gula 

Satu studi 10 minggu menemukan peningkatan lemak perut yang signifikan pada orang yang mengonsumsi minuman fruktosa tinggi. Menghindari semua bentuk gula cair, seperti minuman yang dimaniskan dengan gula, sangat penting jika Anda mencoba menurunkan berat badan. 

Adapun minuman manis yang harus dihindari, yakni: Soda Punch Teh manis Pencampur alkohol yang mengandung gula 

11. Tidur minimal 7 jam per hari 

Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan Anda, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung menambah berat badan, yang mungkin termasuk lemak perut. 

Selain tidur minimal 7 jam per malam, pastikan Anda mendapatkan kualitas tidur yang cukup.  

12. Minum teh hijau 

Teh hijau adalah minuman yang sangat sehat. Minuman ini mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG), yang keduanya tampaknya meningkatkan metabolisme. 

EGCG adalah katekin, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut. Efeknya dapat diperkuat ketika konsumsi teh hijau dikombinasikan dengan olahraga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit"
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru