CLOSE [X]

Punya Rasa Manis yang Khas, Simak 4 Manfaat Mengkonsumsi Nangka

Minggu, 26 Juni 2022 | 10:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Punya Rasa Manis yang Khas, Simak 4 Manfaat Mengkonsumsi Nangka


KONTAN.CO.ID - Selain mempunyai rasa manisnya yang khas, nangka ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan loh. Salah satunya mampu mencegah sembelit. 

Pasalnya, nangka mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran jika mengkonsumsi buah ini dapat memberikan banyak manfaat. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam nangka di antaranya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B, kalium, magnesium, serat dan berbagai nutrisi yang baik untum kesehatan tubuh lainnya. 

Baca Juga: Link SnapTik Situs Download Video TikTok Tanpa Watermark Terbaru dan Gratis

Nangka yang dikenal mempunyai rasa manis yang lezat juga kerap kali diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain itu, nangka juga termasuk salah satu buah yang cukup mudah untuk didapatkan karena banyak dijual di pasaran. 

Lantas apa saja manfaat nangka untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari Health Grades, berikut manfaat nangka untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui: 

Mencegah Sembelit 

Nangka termasuk buah yang mengandung banyak serat. Sehingga mengkonsumsi nangka secara teratur mampu mencegah sembelit. 

Selain itu, serat yang terkandung dalam nangka juga baik untuk kesehatan pencernaan lainnya, sepetti mengurangi risiko kanker usus, kembung, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 5 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami, Yuk Coba!

Mengandung Sifat Antivirus

Perlu Anda ketahui, nangka mengandung sifat antivirus dan antimikroba yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh guna mencegah dari berbagai penyakit. 

Dilansir dari Health Grades, Dalam beberapa penelitian, lektin dalam nangka telah terbukti menghambat beberapa virus, termasuk virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) di laboratorium. 

Mencegah Tanda Penuaan 

Nangka juga mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, nangka juga mengandung antioksidan yang dapat tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari. 

Tidak hanya itu, nangka juga membantu memperlambat degenerasi sel kulit dan membuat Anda tampak awet muda, dan vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, yang membantu kulit Anda tetap kencang. 

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata, Coba Gunakan 4 Bahan Alami Ini

Mengurangi Risiko Penyakit Denegeratif

Nangka mengandung karotenoid dan flavonoid, antioksidan yang dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit degeneratif—yang semakin parah seiring berjalannya waktu. 

Kombinasi antioksidan tersebut ditambah jumlah potasium, magnesium, dan vitamin B yang tinggi dalam nangka menurunkan kemungkinan Anda terkena kondisi seperti penyakit jantung, peradangan, keropos tulang, dan kanker serta dapat meningkatkan fungsi otot dan saraf Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru