Resolusi Sering Tidak Tercapai? Ini Tips agar Resolusi 2022 Bisa Sukses Terwujud

Jumat, 31 Desember 2021 | 13:44 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Resolusi Sering Tidak Tercapai? Ini Tips agar Resolusi 2022 Bisa Sukses Terwujud

ILUSTRASI. Resolusi sering tidak tercapai? Ini tips agar resolusi 2022 bisa sukses terwujud. REUTERS/Evgenia Novozhenina.


KONTAN.CO.ID - Anda sering membuat resolusi Tahun Baru namun selalu menjadi wacana belaka? Ada tips yang bisa Anda coba agar resolusi 2022 bisa sukses terwujud. 

Menjelang pergantian tahun, banyak masyarakat yang membuat daftar berbagai resolusi yang ingin dicapai. Beberapa orang berhasil mencapai apa yang diinginkan, tapi sebagian lagi tidak mencoba memenuhi resolusi mereka. 

Bersumber dari www.forbes.com, hanya 19% orang sukses melaksanakan resolusi mereka dari sekian banyak orang yang membuat daftar resolusi. Sebanyak 81% orang mengalami kesulitan untuk mengerjakan hal-hal yang dicita-citakan.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Current Biology, manusia lebih memungkinkan mengulang aktivitas yang menyenangkan karena menghasilkan hormon dopamin ketika mencoba melakukan aktivitas yang baru. 

Contohnya, minuman boba yang tentu menyegarkan dan manis menyebabkan kegagalan saat Anda mencoba diet dengan makan sayuran dan buah. 

Baca Juga: 10 Inspirasi Resolusi Tahun Baru 2022 Buat yang Belum Membuat Resolusi Tahun Depan

Agar resolusi Tahun Baru 2022 bisa terwujud dan tidak menjadi wacana, berikut tips yang dirangkum dari Forbes:

  • Buat resolusi yang nyata dan masuk akal

Banyak orang yang resolusinya berakhir sebagai wacana saja. Beberapa faktor yang membuat seseorang sulit untuk mewujudkan impian tahun barunya adalah resolusi yang terlalu berlebihan. 

Agar resolusi tahun baru bisa sukses terwujud, pilih hal-hal yang nyata dan masuk akal. Artinya, pilih resolusi yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

Tulis resolusi tahun baru dengan spesifik untuk memudahkan Anda mencari cara untuk mewujudkannya. 

Contohnya, resolusi 2022 Anda ingin menulis sebuah novel. Tulis secara detail, berapa hari seminggu hingga berapa jam setiap harinya untuk menulis. 

Setelah selesai menulis keseluruhan novel, tambahkan juga apa yang ingin Anda lakukan setelahnya. Contohnya seperti mengirim draft novel tersebut ke penerbit atau mengunggahnya di website

  • Hubungkan dengan kebiasaan

Melansir dari Forbes, agar kebiasaan baru bisa terwujud dengan sukses Anda bisa menghubungkan dengan kebiasaan lama. 

Ambil contoh, Anda ingin menambah pengetahuan baru dan kebiasaan atau hobi lama adalah mendengarkan lagu atawa podcast

Anda bisa mencari podcast yang berisikan iinformasi atau pengetahuan yang diinginkan. Dengan cara ini Anda bisa menyalurkan hobi mendengarkan sekaligus mendapatkan ilmu baru. 

Jika suatu saat Anda merasa malas untuk mengerjakan resolusi tahun baru, cobalah untuk memotivasi diri sendiri. 

Contoh, "Saya bukan seseorang yang mudah mengabaikan tanggungjawab" atau "Saya adalah orang yang selalu memegang komitmen". Dua kalimat tersebut bisa memotivasi untuk tetap mengejar cita-cita yang belum berwujud.  

Baca Juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto Buka Lowongan Staf dan Dosen, Simak Syaratnya

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru