Sering belajar tapi tidak ada kemajuan? Ini tips belajar yang maksimal dan efektif

Kamis, 18 November 2021 | 10:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Sering belajar tapi tidak ada kemajuan? Ini tips belajar yang maksimal dan efektif

ILUSTRASI. Sering belajar tapi tidak ada kemajuan? Ini tips belajar yang maksimal dan efektif.

KONTAN.CO.ID -  Anda sudah belajar dengan giat namun merasa belum ada peningkatan apapun? Cobalah untuk mengganti cara belajar Anda agar lebih efektif sehingga materi bisa dipahami dengan maksimal. 

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mempelajari sesuatu. Ada yang bisa paham dengan membaca buku dengan giat, ada yang harus mengerjakan soal terlebih dahulu, bahkan ada yang lebih senang mendengarkan materi pelajaran. 

Mengingat banyaknya tipe belajar, mau tidak mau pelajar perlu mencari solusi untuk menemukan gaya mereka sendiri. 

Menurut Prof. Yohanes Surya, seperti dikutip dari situs bpkpenabur.or.id, tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapatkan kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode belajar yang benar. 

Baca Juga: Penyebab terjadinya fenomena La Nina serta dampaknya untuk Indonesia

Jadi jika Anda merasa belum ada kemajuan meski sudah belajar terus, bisa saja cara belajar Anda kurang efektif sehingga materi tidak terserap dengan baik. 

Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur memberikan beberapa tips agar belajar lebih efektif dan maksimal menyerap materi. Apa saja tips nya? Berikut ini rangkuman tips belajar efektif dan maksimal dari BPK Penabur. 

  • Simpan HP saat belajar

Tidak semua orang mampu fokus untuk mengerjakan satu hal seperti belajar. Banyak siswa yang sering teralihkan perhatiannya jika belajar dengan membawa HP atau gawai lainnya. 

Jika Anda merasa gampang terganggu atau terdistract dengan hal-hal sepele, usahakan untuk belajar di tempat yang tenang dan jauh dari gangguan. 

Cara belajar ini cukup efektif bagi pelajar yang mudah teralihkan perhatiannya karena hal-hal sepele.

  • Buat catatan dengan sticky notes

Masih banyak orang yang beranggapan membaca dan menghafalkan materi menjadi cara yang tepat dan efektif untuk belajar. 

Untuk beberapa orang mungkin cara ini efektif, namun sebagian lagi justru kesulitan memahami materi yang cukup panjang dan banyak. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencatat poin-poin penting dari suatu pelajaran di sticky note. Tulis poin tersebut dengan pena warna-warni lalu tempel pada buku catatan atau di dinding kamar.

Baca Juga: Terbaru! Bank Indonesia buka lowongan kerja 2021 di banyak posisi, ini cara daftarnya

  • Menandai poin dengan highlighter

Selain menggunakan sticky note, siswa bisa memanfaatkan highlighter pen untuk menandai poin-poin suatu materi. Pena jenis ini bisa ditemukan di berbagai toko buku atau mini market.

Berikan tanda dengan highlighter pada poin yang dianggap penting atau sulit. Dengan cara ini, siswa bisa membaca lebih cepat dan fokus pada inti dari suatu materi. 

  • Merekam

Jika Anda lebih cepat paham saat materi dibacakan, sebaiknya Anda merekam materi pembelajaran. 

Rekam suara guru atau tutor saat mereka menjelaskan suatu materi. Rekaman tersebut bisa Anda dengarkan saat di rumah, di perjalanan menuju sekolah, atau di waktu senggang lainnya. 

  • Mengatur jadwal belajar

Agar tidak tumpang tindih, atur jadwal belajar Anda sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa masukkan waktu untuk beristirahat agar otak bisa rileks. 

Dengan memiliki jadwal yang pasti, siswa bisa lebih fokus dan tidak bingung saat akan belajar. 

Sesi istirahat dibutuhkan agar tubuh dan otak memiliki waktu untuk istirahat. Jika tubuh dan otak yang lelah dipaksa untuk bekerja atau belajar, siswa menjadi sulit untuk menerima pelajaran. 

  • Berdoa

Selain usaha untuk belajar yang efektif, ada faktor lain yang membuat kita sukses memahami suatu materi. Jangan lupa untuk berdoa sebelum dan sesudah belajar kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinan masing-masing. 

Selanjutnya: Kemenag salurkan Rp 66 miliar insentif bagi 44.000 guru PAI non PNS

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru