Sistem imun kuat selama pandemi Covid-19, konsumsi 4 makanan ini

Senin, 24 Mei 2021 | 21:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sistem imun kuat selama pandemi Covid-19, konsumsi 4 makanan ini

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona. Mulai dari mendapat suntikan vaksin Covid-19, menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, hingga mengatur pola makan.

Mengutip dari Pharmeasy, ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi selama pandemi Covid-19. Tujuannya, agar sistem imun tubuh Anda tetap kuat sehingga infeksi virus corona bisa Anda hindari.

Untuk memaksimalkan efek makanan yang Anda konsumsi, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda jadikan kebiasaan. Misalnya, berjemur di bawah sinar matahari minimal selama 15 menit supaya kebutuhan tubuh akan vitamin D terpenuhi.

Selain melakukan kebiasaan itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan ini secara rutin.

Telur

Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari, kebutuhan itu juga bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi telur. Anda bisa mendapat 87 IU vitamin D dengan mengonsumsi 100 g telur rebus.

Telur juga dipenuhi dengan zinc yang efektif meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak nutrisi lain yang terkandung dalam telur. Misalnya, protein dan kolin.

Baca Juga: Catat, gejala Covid-19 ini bisa Anda alami lebih lama

Sayuran hijau

Jenis makanan berikutnya yang perlu rutin Anda konsumsi selama pandemi virus corona adalah sayuran hijau. Sayuran hijau dipenuhi dengan vitamin, mineral, dan jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Tak hanya itu, sayuran hijau juga mengandung sedikit kalor. Dengan mengonsumsi jenis makanan itu secara rutin, risiko diabetes dan obesitas berkurang. Dengan begitu, risiko tingkat keparahan Covid-19 pun bisa Anda hindari.

Baca Juga: Efek infeksi virus corona bisa terlihat di kuku Anda, lo

Lemon

Mengonsumsi lemon perlu Anda lakukan secara rutin selama pandemi Covid-19.

Melansir dari Pharmeasy, Anda bisa mendapat 53 mg vitamin C dengan mengonsumsi 100 g lemon. Jumlah tersebut dapat membantu menjaga kondisi sistem imun tubuh.

Selain menurunkan risiko infeksi virus corona, rutin mengonsumsi lemon juga dapat menurunkan risiko batu ginjal atau kanker.

Susu

Siapa yang suka mengonsumsi susu? Kalsium, fosfor, vitamin D, dan nutrisi lain yang terkandung dalam susu dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

Selain susu, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahan susu yang lain, seperti yogurt. Namun, pastikan untuk mengonsumsi yogurt rendah lemak dan tanpa pemanis buatan, ya.

Selanjutnya: Vaksinasi tidak melindungi 100% dari paparan Covid-19, simak tips berikut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru