Sudah diet & olahraga tapi gagal menurunkan berat badan, ini penyebabnya

Rabu, 05 Mei 2021 | 11:55 WIB Sumber: Kompas.com
Sudah diet & olahraga tapi gagal menurunkan berat badan, ini penyebabnya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diet dan olahraga adalah kombinasi yang banyak dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan. Namun, meski sudah menjalani diet dan olahraga, banyak yang gagal menurunkan berat badan. Apa penyebabnya?

Menurunkan berat badan akan selalu menjadi hal yang paling berat bagi banyak orang dan tentu saja membutuhkan usaha yang ekstra. Untuk itu, saat memutuskan menurunkan berat badan, kita akan melakukan segalanya, mulai dari diet ketat hingga berolahraga secara teratur.

Akan tetapi, bagaimanapun cara kita menurunkan berat badan dan mencapai hasil yang diinginkan, kemungkinan kita masih dapat melakukan kesalahan. Oleh karena itu, ketahui dan hindari empat penyebab kegagalan menurunkan berat badan, seperti dilansir laman MensXP berikut ini.

1. Kelaparan atau makan terlalu sedikit

Penyebab kegagalan menurunkan berat badan yang pertama adalah membiarkan perut kelaparan atau makan terlalu sedikit. Tubuh kita dimaksudkan untuk diberi makan dengan makanan padat nutrisi dan perawatan yang cukup. Tetapi, ketika kita membuat diri kelaparan atau makan terlalu sedikit, kita cenderung melakukan hal yang dapat menyiksa tubuh karena dibiarkan tidak makan.

Baca juga: Ini durasi tidur yang bisa membantu menurunkan berat badan

Efek dari tidak makan ini bisa mengganggu hormon tubuh, mulai dari mengubah suasana hati hingga ketidakseimbangan hormon yang dapat memperburuk kualitas rambut dan kulit. Kita cenderung menerima semua hal yang tidak terlalu baik ketika menyiksa tubuh dan membiarkannya tidak diberi makan.

Tidak ada gunanya menurunkan berat badan dengan mengorbankan kesehatan karena berat badan dan lemak hanyalah hasil dari kebiasaan tidak sehat yang telah kita atur selama periode waktu tertentu. Karena itu, jangan pernah membuat diri kita kelaparan. Makanlah makanan utuh, sehat, sesuai dengan kebutuhan kalori, seimbang, dan padat nutrisi.

Simak penyebab kegagalan menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru