Syarat & Cara Daftar Uji Coba LRT Jabodebek, Siapa Berminat?

Senin, 10 Juli 2023 | 11:07 WIB Sumber: Kompas.com
Syarat & Cara Daftar Uji Coba LRT Jabodebek, Siapa Berminat?

ILUSTRASI. Pada 12 Juli-15 Agustus 2023, pemerintah akan mulai melakukan uji coba untuk Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. ANTARA FOTO/Galih Pradipta


UJI COBA LRT - Pada 12 Juli-15 Agustus 2023, pemerintah akan mulai melakukan uji coba untuk Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Uji coba tersebut akan dibuka untuk umum dan masyarakat hanya dikenakan tarif Rp 1 untuk perjalanan LRT Jabodebek. 

Dilansir dari Kompas TV, LRT Jabodebek akan menjangkau rute-rute yang berbeda dengan LRT Jakarta, KRL, ataupun MRT. 

Untuk uji coba ini, nantinya akan ada 31 trainset yang beroperasi setiap harinya, mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.30 WIB. Para penumpang bisa turun di stasiun manapun, dengan total 18 stasiun pemberhentian. 

Sebagai informasi, LRT Jabodebek bergerak tanpa masinis dan akan diatur oleh sistem di command center serta memiliki kecepatan maksimal mencapai 90 kilometer per jam. 

Sementara itu, Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan bahwa selama uji coba, pihaknya menyiapkan 4 perjalanan LRT Jabodebek dalam sehari. 

Kemudian, kuota untuk 1 rangkaian LRT dapat menampung 150 penumpang. Sehingga, kuota peserta uji coba LRT Jabodebek sebanyak 600 orang per hari. 

Baca Juga: Kemenhub Intensif Lakukan Pengujian LRT Jabodebek

Adanya keterbatasan dalam kuota uji LRT Jabodebek, Kuswardojo mengimbau agar masyarakat yang sudah mendapatkan kesempatan ikut uji coba untuk tidak mendaftar lebih dari satu kali. 

"Kita akan coba untuk memilih mereka berdasarkan pendaftarannya. Tentunya kami mohon juga kepada siapapun warga masyarakat yang sudah mendapatkan kesempatan mohon tidak untuk mendaftar lagi, berikan kesempatan untuk yang lain mencoba," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Kamis (6/7/2023).

Cara Daftar LRT Jabodebek

Pendaftaran LRT Jabodebek dapat dilakukan secara online melalui alamat website yang akan diumumkan di media sosial resmi LRT Jabodebek, yakni Instagram @lrt.jabodebek, Youtube: @irtjabodebek, dan Tiktok @lrtjabodebek. 

"Mereka bisa lihat di sana (media sosial resmi LRT Jabodebek), kita akan menyematkan link pendaftaran. Link pendaftaran itu nanti bisa diklik," ucapnya. 

Nantinya, calon penumpang uji coba akan diminta untuk melengkapi formulir pendaftaran. Kemudian, pihak LRT Jabodebek akan menyeleksi calon peserta yang dapat mengikuti uji coba. 

Baca Juga: Tarif LRT Jabodebek Sudah Ditetapkan, Simak Besarannya

"Rajin-rajin lihat medsos kita pada saat nanti prinsipnya siapa cepat dia akan dapat," kata dia. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru