Tak Hanya Dimasak, Ada 4 Manfaat Tepung Beras untuk Kulit Wajah yang Menakjubkan

Kamis, 08 Februari 2024 | 09:32 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Tak Hanya Dimasak, Ada 4 Manfaat Tepung Beras untuk Kulit Wajah yang Menakjubkan

ILUSTRASI. Manfaat Tepung Beras untuk Kulit Wajah


KESEHATAN - JAKARTA. Cek manfaat tepung beras untuk kesehatan kulit yang tidak hanya untuk masak. Tepung beras dibuat dengan menggiling butiran beras menjadi bubuk.

Beras merupakan biji-bijian utuh seperti gandum, oat, gandum hitam, spelt, dan jagung. Semua biji-bijian utuh terdiri dari tiga bagian: sekam, embrio, dan endosperma.

Tidak semua tepung beras dibuat dengan cara yang sama, yang dapat memengaruhi manfaat kesehatannya.

Sedangkan, salah satu bagian penting untuk membuat tepung beras adalah sekam. Ini merupakan lapisan luar keras dari butiran beras dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi, sehingga dianggap sebagai bagian paling sehat dari biji-bijian. 

Sekam juga mengandung komponen bioaktif, seperti asam ferulat dan asam fitat, yang diekstrak dan ditambahkan ke beberapa produk perawatan kulit.

Baca Juga: Ini 5 Makanan untuk Defisit Kalori yang Cocok Sebagai Menu Diet

Manfaat tepung beras

Masker tepung beras

Seperti semua jenis tepung, tepung beras dibuat dengan memisahkan tiga bagian biji dan menggilingnya dalam proporsi yang berbeda. Tepung yang dihasilkan mungkin memiliki lebih atau kurang dari sekam dan embrio.

Tepung gandum utuh mengandung ketiga bagian dari biji. Dalam tepung "100 persen biji-bijian utuh," Anda akan mendapatkan seluruh biji.

Dalam tepung "utuh" sederhana, sebagian besar embrio dan sebagian sekam hilang. Tepung putih biasanya hanya mengandung endosperma.

Nah, Anda bisa mengenal lebih jauh manfaat tepung beras yang baik untuk kesehatan kulit, dilansir dari laman Healthline.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Dari Tepung Maizena untuk Membuat Wajah Cantik dan Awet Muda

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Beberapa penggiat kecantikan mengklaim bahwa tepung beras dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari karena mengandung dua senyawa: asam ferulat dan PABA. Para ahli mengatakan tidak diketahui apakah senyawa ini cukup terkonsentrasi dalam tepung beras untuk memberikan manfaat yang sama dengan ekstrak.

Tepung beras mengandung asam para-aminobenzoat atau dikenal sebagai PABA atau vitamin B10 yang merangsang pertumbuhan sel.

PABA juga terbukti melindungi kulit dari sinar UV dan pernah digunakan dalam tabir surya. Karena menyebabkan reaksi alergi, sekarang tidak lagi diakui secara umum sebagai bahan tabir surya yang aman oleh Food and Drug Administration (FDA).

2. Pengobatan jerawat dan hiperpigmentasi

Beberapa penggemar tepung beras mengatakan bahwa ini dapat membantu memperbaiki jerawat dan mencerahkan kulit. Ini kemungkinan karena senyawa lain yang diekstrak dari beras asam fitat yang memiliki efek eksfoliasi.

Asam fitat adalah alpha hydroxy acid (AHA) antioksidan. Ini dapat diekstrak dari banyak tanaman, termasuk kacang, biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum utuh. Kemudian ditambahkan ke produk perawatan kulit.

3. Penyembuhan luka

Senyawa organik lain dalam beras: alantoin, yang memiliki sifat menenangkan dan antiinflamasi. Beberapa penelitian pada hewan dan in vitro (studi laboratorium) menunjukkan bahwa ini dapat mendukung proses penyembuhan luka.

4. Penyerapan minyak wajah

Manfaat utama tepung beras mungkin adalah kemampuannya untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit dan rambut. Tepung beras adalah tepung beras yang semua protein dan lemaknya dihilangkan, sehingga yang tersisa hanya karbohidrat.

Tepung beras menyerap air dan menstabilkan lemak. Tepung beras sebagian besar terdiri dari pati. Tepung beras ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit dan rambut komersial. Ini digunakan untuk menyerap minyak, mengontrol kilau, dan meminimalkan tampilan pori-pori.

Cara membuat masker tepung beras

Bila Anda ingin mencoba masker tepung beras sendiri di rumah, berikut resep yang sederhana untuk dicoba:

  • Campur 3 sendok makan bubuk susu dengan 5 sendok makan tepung beras cokelat.
  • Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun (lewatkan jika kulit Anda sangat berminyak).
  • Tuangkan air mawar secara bertahap hingga Anda mendapatkan pasta tebal.
  • Oleskan pada wajah, kemudian biarkan mengering selama 10 hingga 15 menit.
  • Tambahkan sedikit air untuk melonggarkan masker, lalu gosok perlahan untuk mengelupas kulit.
  • Bilas.

Tepung beras menjadi bahan umum yang ditambahkan ke dalam masker wajah DIY (lakukan sendiri) di rumah dengan klaim kemampuannya untuk mengelupas dan mencerahkan kulit serta melindungi dari kerusakan sinar UV. Namun, saat ini belum ada penelitian yang membuktikan manfaat-manfaat tersebut.

Beberapa komponen bioaktif dalam beras, termasuk asam ferulat, PABA, dan ekstrak asam fitat, digunakan dalam produk perawatan kulit untuk memudarkan bintik gelap, mengelupas kulit, dan melindungi dari sinar UV. Namun, konsentrasi bahan-bahan ini lebih tinggi dalam ekstrak daripada dalam tepung beras itu sendiri.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat tepung beras untuk kulit wajah yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru