Inilah 6 Ramuan Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Rabu, 07 Februari 2024 | 10:50 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Inilah 6 Ramuan Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

ILUSTRASI. Oily skin atau kulit berminyak


KESEHATAN - JAKARTA. Cara mengatasi kulit wajah yang berminyak menggunakan bahan alami dapat membantu mengurangi produksi minyak kulit secara teratur. Dengan menerapkan metode ini secara konsisten, tingkat produksi minyak kulit dapat dikurangi, sehingga berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo dapat diminimalkan.

Kondisi kulit wajah berminyak terjadi ketika kelenjar minyak (kelenjar sebaceous) pada wajah menghasilkan sebum atau minyak secara berlebihan.

Sebum merupakan cairan alami yang dihasilkan oleh kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit.

Pada kulit yang cenderung berminyak, kelenjar minyak menghasilkan sebum melebihi kebutuhan normal. Faktor-faktor seperti genetika, perubahan hormon, pola makan, kebiasaan perawatan kulit yang tidak tepat, atau paparan lingkungan dapat menjadi penyebab terjadinya kondisi ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Garam Himalaya untuk Kulit dari Cegah Jerawat hingga Penuaan

Ciri-ciri kulit berminyak

Atasi Kulit Berminyak

Beberapa karakteristik khas kulit wajah berminyak melibatkan:

  • Kilap yang Menonjol: Tampaknya wajah bersinar dan berminyak, terutama di bagian dahi, hidung, dan dagu (T-zone).
  • Pori-Pori yang Terlihat Lebih Besar: Pori-pori kulit menjadi lebih besar dan rentan tersumbat oleh kotoran serta sel-sel kulit mati.
  • Munculnya Jerawat dan Komedo: Kulit yang berminyak lebih rentan terhadap jerawat, komedo (blackhead dan whitehead), dan permasalahan jerawat lainnya.
  • Kesulitan Makeup Menempel: Makeup mungkin sulit menempel dan lebih mudah luntur pada kulit yang berminyak.
  • Sensasi Berat atau Kotor pada Kulit: Beberapa individu dengan kulit berminyak mungkin merasakan sensasi kulit yang terasa berat atau kotor.

Setelah mengenal ciri-ciri kulit wajah berminyak perlu mencoba beberapa ramuan di bawah ini.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mengatasi Kulit Kering setelah Mandi beserta Penyebabnya

Ramuan bahan alami pilihan

Ada banyak produk perawatan kulit berminyak yang dijual di pasaran. Namun, beberapa produk justru bisa membuat kulit iritasi. Alasannya karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami.

Selain mudah didapat, cara memakai bahan-bahan alami bisa Anda coba dari rumah dilansir dari laman Healthline.

Berikut adalah alternatif penggunaan bahan alami untuk mengatasi kulit wajah berminyak.

1. Gel Lidah Buaya

Untuk mengurangi kulit wajah berminyak, dapat menggunakan gel lidah buaya yang tidak hanya mengontrol produksi minyak, tetapi juga efektif dalam mengobati jerawat. Cukup aplikasikan gel lidah buaya pada kulit dua hingga tiga kali sehari.

2. Masker Timun

Penelitian dari School of Botanical and Medical Aesthetics merekomendasikan penggunaan timun sebagai solusi untuk kulit berminyak. Nutrisi dalam timun, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium, efektif mengontrol produksi minyak. Iris timun kecil, gosokkan pada kulit wajah, dan biarkan semalaman sebelum membilasnya dengan air hangat di pagi hari.

3. Kompres Lemon

Campurkan 1 sendok teh air lemon dengan ½ sendok teh air suling, dan aplikasikan campuran ini pada kulit wajah berminyak menggunakan kapas selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air.

Air lemon

4. Masker Madu

Madu, selain memiliki rasa lezat, juga dapat mengurangi produksi minyak kulit. Oleskan madu pada wajah, diamkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

5. Teh Hijau

Teh hijau, yang kaya antioksidan dan astringen alami, membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Gunakan kantong teh hijau yang sudah dipakai sebagai kompres dingin pada wajah secara teratur.

6. Masker Buah Pisang, Susu, dan Oatmeal

Pisang yang dicampur dengan susu dan oatmeal dapat membentuk masker yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak. Tumbuk satu buah pisang matang, tambahkan 1 sendok makan susu dan 2 sendok makan oatmeal. Gosokkan pada wajah selama lima menit, diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan air.

Perawatan untuk kulit wajah berminyak meliputi pembersihan teratur, penggunaan produk yang sesuai dengan jenis kulit, penggunaan pelembap ringan yang tidak menyebabkan kulit lebih berminyak, dan rutin menggunakan bahan yang membantu mengontrol produksi minyak.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas bisa menggunakan bahan alami di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru