Tak Hanya Jeruk, Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Sabtu, 02 Maret 2024 | 16:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Tak Hanya Jeruk, Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

ILUSTRASI. Buah tinggi vitamin C Foto: wikimedia.org/Luc Viatour


KESEHATAN - JAKARTA. Inilah berbagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi selain jeruk. Disarankan untuk mengonsumsi vitamin dari sumber alami seperti buah-buahan guna mencapai gizi yang seimbang.

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, merupakan vitamin yang larut dalam air dan memegang peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Oleh karena itu, Vitamin C memainkan peran signifikan dalam mempertahankan kesehatan tubuh manusia dari dampak radikal bebas yang beragam.

Pada umumnya, mendapatkan vitamin C dari buah-buahan alami lebih dianjurkan dibandingkan mengandalkan suplemen.

Baca Juga: 11 Bahan Alami Untuk Mengobati Asam Lambung

Fungsi vitamin C dari buah

Vitamin C

Vitamin C pada buah-buahan alami dikemas dengan nutrisi tambahan seperti serat, antioksidan, dan senyawa lainnya yang dapat memberikan manfaat kesehatan secara menyeluruh.

Berikut adalah beberapa pertimbangan:

  • Nutrisi Tambahan: Buah-buahan yang mengandung vitamin C juga menyediakan nutrisi tambahan seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan lainnya. Nutrisi ini memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Serat: Buah-buahan alami mengandung serat yang penting untuk pencernaan dan kesehatan usus. Serat dapat membantu mengatur gula darah, menjaga berat badan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Antioksidan Tambahan: Selain vitamin C, buah-buahan juga mengandung berbagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Absorpsi Nutrisi: Nutrisi dalam makanan alami cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh daripada suplemen. Makanan menyediakan bentuk nutrisi yang lebih lengkap dan mudah dimanfaatkan oleh tubuh.
  • Variasi Nutrisi: Mengandalkan berbagai buah-buahan memberikan variasi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Setiap jenis buah memiliki profil nutrisi yang berbeda, dan konsumsi beragam buah dapat memastikan asupan nutrisi yang seimbang.

Sebagai catatan, nilai harian (DV) untuk setiap makanan didasarkan pada konsumsi 90mg vitamin C per hari.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini

Buah yang mengandung vitamin C 

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, sertakan beberapa makanan sehat berikut dalam diet Anda. Simak daftar buah yang mengandung vitamin C tinggi selain buah Jeruk dilansir dari Health.com.

1. Buah Kiwi

Dengan kandungan vitamin C sebanyak 134mg, buah kiwi memiliki manfaat lain seperti sifat antikanker, antidiabetes, dan antiinflamasi. Ulasan menyebutkan bahwa buah berbulu halus ini membawa banyak kebaikan bagi kesehatan.

2. Pepaya

Dengan nilai harian vitamin C mencapai 98,11-106,22%, pepaya menyediakan sebanyak 88 mg vitamin C dalam satu porsi buah tropis ini, atau 95,6 mg dalam versi kecil dari buah utuh. Selain kaya vitamin C, pepaya juga memiliki manfaat antiinflamasi, antioksidan, anti-penuaan, dan penyembuhan luka.

3. Jambu biji

Jambu biji kaya akan vitamin C dengan nilai harian mencapai 417%. Dalam setiap porsinya, jambu biji menyediakan sebanyak 376mg vitamin C. Manfaatnya tidak hanya terletak pada buahnya, melainkan juga pada bagian lainnya seperti akar hingga daun yang dapat membantu kondisi seperti diabetes, tekanan darah, dan peradangan.

Biji jambu biji

4. Stroberi

Stroberi memberikan vitamin C sebanyak 108,89% dari nilai harian. Dalam beberapa irisan stroberi, terkandung 98mg vitamin C. Buah ini tidak hanya sebagai penyedia vitamin C, tetapi juga menyediakan antioksidan dan mineral seperti potasium dan kalsium.

5. Nanas

Nanas memberikan vitamin C dengan nilai harian sebesar 87,67%. Dalam secangkir nanas, terkandung 78,9mg vitamin C. Selain itu, penelitian juga menemukan manfaat lainnya, seperti melancarkan pencernaan, dan sifat antikanker, antidiabetes, serta antihipertensi.

6. Mangga

Potongan mangga memberikan 60,1 mg vitamin C, sedangkan satu buah mangga mengandung 122 mg vitamin C. Mangga tidak hanya menjadi penyedia vitamin C, tetapi juga mengandung beta-karoten dan antioksidan yang berkaitan dengan kesehatan mata.

Mangga kuning memiliki lebih banyak karotenoid untuk kesehatan mata, sementara yang lebih merah memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang perlu diambil melalui makanan seimbang atau suplemen, terutama jika diet Anda kurang mengandung cukup vitamin C. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C.

Demikian informasi terkait buah yang memiliki vitamin C tinggi selain jeruk yang praktis untuk dikonsumsi.

Selanjutnya: KJRI Ho Chi Minh City Bantu Repatriasi 10 ABK WNI dari Vietnam

Menarik Dibaca: 7 Rekomendasi Film Komedi Dewasa Penuh Adegan Panas Tapi Lucu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru