Tak Percaya Diri? Ini 7 Cara Menghilangkan Rasa Grogi atau Canggung di Depan Umum

Selasa, 19 Desember 2023 | 15:48 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Tak Percaya Diri? Ini 7 Cara Menghilangkan Rasa Grogi atau Canggung di Depan Umum

ILUSTRASI. Tak Percaya Diri? Ini 7 Cara Menghilangkan Rasa Grogi atau Canggung di Depan Umum


Cara Menghilangkan Rasa Grogi  - JAKARTA. Simak beberapa cara menghilangkan rasa grogi atau canggung di depan umum. Kondisi lingkungan berbeda tentu membuat seseorang beradaptasi sesuai dengan kemampuan.

Rasa grogi atau canggung merupakan perasaan ketidaknyamanan atau kegugupan yang muncul dalam situasi sosial atau ketika berada di bawah perhatian orang lain.

Orang yang merasa grogi mungkin mengalami gejala seperti keringat dingin, detak jantung yang cepat, gemetar, sulit berbicara, atau kesulitan berfokus.

Rasa grogi ini dapat muncul dalam berbagai konteks, seperti saat berbicara di depan umum, bertemu orang baru, atau berada dalam situasi sosial yang tidak familiar.

Baca Juga: Apa Arti Haus Validasi dalam Bahasa Gaul? Pengertian, Penyebab, dan Contohnya

Penyebab rasa grogi muncul

Anak

Beberapa alasan mengapa rasa grogi bisa timbul meliputi:

  • Ketidakpastian: Rasa grogi sering kali muncul ketika seseorang tidak yakin tentang bagaimana orang lain akan merespons atau ketika mereka merasa tidak dapat memprediksi hasil suatu situasi. Ketidakpastian ini dapat meningkatkan tingkat kegugupan.
  • Perasaan Tidak Aman: Orang mungkin merasa tidak aman atau terancam dalam situasi tertentu, terutama jika mereka merasa dievaluasi atau diobservasi dengan cermat oleh orang lain.
  • Ketakutan akan Penilaian: Ketakutan akan penilaian negatif atau rasa takut tidak diterima oleh orang lain dapat memicu rasa grogi. Kekhawatiran terhadap penilaian orang lain dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan canggung.
  • Pentingnya Kejadian atau Situasi: Situasi atau kejadian tertentu yang dianggap penting atau memiliki dampak signifikan dapat meningkatkan tingkat tekanan dan menyebabkan rasa grogi.
  • Kurangnya Pengalaman atau Keterampilan: Kurangnya pengalaman atau keterampilan dalam menangani situasi tertentu, seperti berbicara di depan umum, dapat membuat seseorang merasa tidak yakin dan canggung.
  • Faktor Fisiologis: Reaksi fisiologis terhadap stres, seperti peningkatan detak jantung atau pelepasan hormon stres, dapat memainkan peran dalam timbulnya rasa grogi.

Baca Juga: Apa Artinya Attitude dalam Bahasa Inggris? Ini Faktor Pembentuk hingga Jenisnya

Cara menghilangkan rasa grogi atau canggung

Untuk beberapa tips di bawah ini bisa diterapkan secara perlahan setiap harinya. Yuk, intip cara menghilangkan rasa grogi atau canggung di depan umum dilansir dari Cleveland Clinic.

1. Berlatih Pernapasan Dalam

Lakukan pernapasan dalam-dalam, mengambil napas perlahan melalui hidung, mengisi paru-paru dengan udara, dan perlahan-lahan hembuskan melalui hidung. Ulangi beberapa kali hingga merasa tenang.

Fokus pada pernapasan dapat membantu mengalihkan perhatian dari kegelisahan dan memberikan efek menenangkan. Selain itu, pernapasan dalam membawa oksigen ke tubuh dan menenangkan sistem-sistem tubuh.

2. Dengarkan Musik Menenangkan

Gunakan headphone dan dengarkan musik yang menenangkan, seperti musik klasik atau suara alam. Penelitian psikologi ungkap bahwa musik favorit dapat membantu fokus pada kenangan bahagia.

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi kecemasan serta menurunkan detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah.

3. Bicara dengan Teman

Saat merasa grogi, menelepon atau mengirim pesan teks kepada teman dapat membantu menyuarakan kekhawatiran. Selain mendapatkan dukungan, berbicara tentang stres dapat memberikan rasa lega.

4. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik, seperti berolahraga, melepaskan endorfin yang membantu mengurangi stres. Bergerak juga memberikan cara bagi tubuh untuk mengatasi stres dan mengeluarkannya, menciptakan rasa tenang.

5. Mencium Aroma Menenangkan

Aroma seperti lavender dapat memberikan efek menenangkan, tetapi yang penting adalah memilih aroma yang menenangkan bagi individu. Bau harum bisa berasosiasi dengan kenangan bahagia atau pengalaman positif, sehingga dapat membantu menonjolkan rasa relaks dan fokus pada hal-hal positif.

6. Latihan di depan cermin

Anda bisa berlatih untuk berkaca melihat diri sendiri lalu mencoba untuk mempraktikan berbicara. Pastikan Anda mengenali mimik wajah dan bagaimana nada yang harus disampaikan.

Anda bisa ulangi cara ini hingga menemukan bentuk atau ekspresi wajah yang Anda yakni terbaik. Hal ini bisa mengurangi rasa grogi untuk tampil di depan umum.

7. Mengakui Kegugupan

Anda tentu harus mengakui secara sadar bahwa Anda grogi dapat membantu mengurangi tekanan. Penelitian menyarankan untuk menyatakan keras-keras atau menuliskannya, dan memberi umpan balik positif pada diri sendiri.

Saat berhasil mengenali kegugupan, ini menjadi cara bagi otak untuk memutar ulang pemikiran positif. Sehingga, lama kelamaan Anda akan terbiasa untuk mencari pemikiran positif yang memicu kepercayaan diri.

Itulah beberapa langkah dan cara mengatasi rasa grogi atau canggung di depan umum yang bisa dilatih secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru