Tanpa Pemutih, Ini Cara-cara Menghilangkan Noda Pulpen di Baju

Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:41 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tanpa Pemutih, Ini Cara-cara Menghilangkan Noda Pulpen di Baju

ILUSTRASI. Tanpa Pemutih, Ini Cara-cara Menghilangkan Noda Pulpen di Baju.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Kebanyakan orang menghilangkan noda tinta atau noda pulpen dengan pemutih. Namun cara ini bisa merusak dan memudarkan warna baju. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda pulpen menggunakan bahan sederhana tanpa perlu menambah pemutih.

Campuran zat kimia di pemutih pakaian akan memudarkan warna pakaian. Alih-alih bersih, baju berwarna Anda malah berubah warna menjadi pudar. 

Untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan noda tersebut. 

Apa saja bahan tersebut? Berikut cara mudah menghilangkan noda tinta di pakaian dihimpun dari www.boldsky.com dan parenting.firstcry.com.

Baca Juga: Pendaftaran Taruna Akmil TNI AD 2022 Dibuka, Simak Persyaratannya Ini

  • Aseton atau nail polish remover

Ada sisa aseton untuk menghilangkan cat kuku? Manfaatkan bahan ini untuk menghilangkan noda di baju warna.

Caranya cukup mudah, Anda cukup mengusap bagian yang terkena tinta menggunakan sedikit aseton.

Gunakan cotton bud atau kapas untuk mengoleskan aseton pada noda. Jika noda tinta sudah hilang, cuci baju seperti biasa. Baju berwarna Anda bersih dari noda tinta dan warna tidak luntur. 

  • Garam

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghapus noda tinta adalah garam. Bahan dapur ini cukup mudah digunakan untuk menghilangkan noda tinta di baju. 

Taburkan garam di atas noda tinta yang masih basah, lalu usap perlahan garam tersebut. Gunakan lap basah untuk mengelap garam tersebut. Ulangi jika masih ada sisa tinta yang tersisa.

  • Maizena

Tepung maizena ini memiliki beragam manfaat. Tidak hanya sebagai bahan membuat makanan, tapi juga membersihkan noda tinta. 

Cara menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan noda pulpen di baju cukup mudah. Campurkan maizena dengan sedikit susu hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta maizena ke noda tinta dan tunggu hingga kering. Setelah kering, hilangkan maizena lalu cuci baju seperti biasa.

Baca Juga: 17 PTKIN Terbaik di Indonesia versi UniRank, Kampus Ini Nomor 1

  • Susu putih

Kadang cairan pemutih baju tidak bisa menghilangkan noda tinta secara tuntas. Noda tinta terkadang masih tersisa meski sudah dicuci berulang kali. 

Untuk baju putih, Anda bisa menggunakan susu untuk menghilangkan noda pulpen. Siapkan susu dalam wadah yang cukup besar.

Rendam baju yang terkena tinta di dalam susu dan diamkan semalam. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa. Anda bisa menggunakan susu yang sudah tidak layak diminum untuk menghilangkan noda tinta di baju.

  • Cuka dapur

Cuka dapur memiliki segudang fungsi selain untuk memasak, salah satunya adalah menghilangkan noda tinta di baju. 

Campurkan 3 sendok maizena dengan 2 sendok cuka dapur, aduk hingga membentuk pasta. Basahi noda tinta lalu oleskan pasta cuka di noda tersebut. Tunggu hingga kering. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru