Terutama buat pengguna gadget, ini 7 cara menjaga kesehatan mata

Kamis, 29 Juli 2021 | 19:20 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Terutama buat pengguna gadget, ini 7 cara menjaga kesehatan mata

KONTAN.CO.ID - Cara menjaga kesehatan mata perlu Anda ketahui, terutama bagi yang menatap gadget atau ponsel dan komputer hingga berjam-jam. Menatap ponsel atau komputer selama berjam-jam seringkali terasa melelahkan mata. 

Sebab, pada dasarnya, berfokus pada objek yang sama atau menatap ke satu arah secara terus-menerus dan dalam jarak sama bisa membawa efek buruk pada otot-otot mata, dan bisa merusak penglihatan.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mata?

7 Cara menjaga kesehatan mata

Dirangkum dari laman resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, berikut tujuh cara menjaga kesehatan mata: 

1. Gunakan fitur dark mode

Cara menjaga kesehatan mata dengan menggunakan fitur dark mode yang ada di ponsel Anda. Jika sudah diaktifkan, latar belakang di ponsel menjadi lebih gelap dan teks menjadi lebih terang. 

Mode ini akan terasa lebih nyaman bagi mata, terutama dalam ruang yang gelap. Meski demikian, dark mode bukan solusi bagi masalah keringnya atau lelahnya mata karena terlalu jarang berkedip.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Buah Jambu Air untuk Perempuan

2. Istirahatkan mata secara berkala

Saat Anda sedang bekerja dengan komputer atau saat membaca dalam jangka waktu yang lama, beristirahatlah secara berkala dengan cara melihat ke kejauhan.

3. Jangan terlalu lama menatap layar elektronik

Cara menjaga kesehatan mata dari penggunaan gadget adalah jangan menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama, karena bisa menyebabkan mata lelah. 

Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. 

Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. 

Bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap dua jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

Baca Juga: Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan Tubuh

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru