Tidak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Madu untuk Wajah

Senin, 10 Januari 2022 | 11:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Madu untuk Wajah

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat madu untuk wajah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain baik untuk kesehatan tubuh bagian dalam, madu juga bagus untuk kesehatan kulit, apalagi di bagian wajah. Anda bisa mendapat berbagai macam manfaat madu untuk wajah dengan memakainya secara teratur.

Manfaat madu berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam bahan alami itu. Mulai dari antiinflamasi, antiseptik, antioksidan, dan antibakteri. Selain itu, madu juga kaya akan vitamin B, zat besi, kalsium, zinc, dan lain sebagainya.

Namun, Anda tetap perlu melakukan uji coba dulu jika ingin memakai madu. Gunakan madu di satu titik kulit yang tidak mudah terlihat, misalnya belakang telinga. Jika tak muncul iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaian sehingga manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal.

Obat Jerawat

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah mengobati jerawat. Kemampuan itu berasal dari kandungan antiinflamasi dan antiseptik. Dengan penggunaan secara rutin, kulit yang memerah akibat jerawat akan berkurang sehingga jerawat bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Ini Pakai Bahan-Bahan Alami

Membersihkan Sel Kulit Mati

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), madu akan mengkristal saat bercampur dengan air atau bertemu dengan suhu tubuh. Nah, hal itulah yang membuat madu cukup efektif membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, gosok madu di antara kedua telapak tangan lalu aplikasikan langsung pada kulit wajah dengan gerakan memutar. Lakukan langkah tersebut selama beberapa menit lalu bersihkan sisa madu dengan handuk basah.

Menghilangkan Komedo

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah menghilangkan komedo.

Apakah Anda memiliki banyak komedo? Jika iya, cobalah untuk mulai rutin memakai madu. Anda tidak perlu khawatir karena bahan alami itu tidak akan membuat keseimbangan pH kulit hilang. Tidak berhenti sampai di situ, antibakteri, antioksidan, dan kandungan madu lain bisa melembabkan kulit.

Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah bahan alami itu efektif menyamarkan bekas luka. Pharmeasy mengatakan bahwa manfaat itu berasal dari antioksidan yang terdapat dalam madu.

Baca Juga: 4 Moisturizer untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

Menyamarkan Garis Halus

Kerutan dan garis halus di wajah jadi salah satu tanda penuaan yang dialami oleh banyak orang. Jika Anda mengalami hal itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan madu. Kandungan madu akan menutrisi dan melembabkan kulit secara maksimal.

Tak hanya itu, antioksidan yang terdapat dalam madu mampu melawan radikal bebas. Dengan begitu, tanda penuaan yang lain, seperti noda hitam, bisa hilang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur 1 sdm madu dan pepaya atau yogurt dengan perbandingan yang sama lalu aplikasikan pada kulit wajah selama 30 menit. Jangan lupa untuk memijat kulit dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Tujuannya agar aliran darah menjadi lebih lancar dan kulit menjadi lebih kencang.

Selanjutnya: Tak Bisa Ditebak! Ini 4 Drama Korea dengan Cerita Plot Twist Terseru!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru