Tips Aman Berbelanja Makanan Agar Tetap Higienis!

Minggu, 29 Mei 2022 | 07:40 WIB Sumber: Dancow
Tips Aman Berbelanja Makanan Agar Tetap Higienis!


KONTAN.CO.ID - Tak semua bahan makanan yang ada di swalayan maupun pasar bersih. Ada kalanya bahan-bahan makanan tersebut kotor sehingga dapat mengotori seluruh makanan bersih lainnya yang kita sentuh.

Jika Moms pernah menemukan bahan-bahan makanan yang kotor, jangan khawatir. Kini, Moms tetap bisa menjaga bahan makanan ini agar tetap higienis dengan beberapa cara berikut.

Melansir dari Dancow, langsung saja simak selengkapnya!

Cuci Tangan

Mencuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja

Agar tetap higienis, cucilah tangan Moms sebelum dan sesudah berbelanja. Ini penting karena Moms akan memilih sendiri bahan-bahan makanan yang dibeli nantinya.

Dengan mencuci tangan, kotoran yang menempel baik pada kemasan makanan, maupun makanan non-kemasan tidak saling menempel dan membuat kantung plastik jadi kotor.

Dahulukan Belanja Makanan Kemasan

Ketika sedang berbelanja, dahulukan membeli produk dalam kemasan sebelum membeli bahan makanan segar.

Bahan makanan segar yang dimaksud seperti daging, seafood, dan lain-lain yang membutuhkan suhu rendah untuk tetap awet.

Dengan mendahulukan membeli produk dalam kemasan, maka Anda telah ikut membantu membuat bahan makanan segar tidak mudah membusuk.

Baca Juga: Daftar 7 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tak Perlu Disimpan dalam Kulkas

Bawa Kantung Belanjaan

Agar segala bahan makanan tetap higienis, maka anda wajib membawa kantung belanjaan sendiri.

Sebab jika membawa kantung belanjaan sendiri, anda akan lebih mudah memisahkan area kantung belanjaan untuk daging, sayuran, dan buah-buahan.

Jangan pernah menyatukan ketiga bahan makanan tersebut dalam satu kantung belanjaan yang sama, agar higienis dan terhindar dari kontaminasi bakteri yang dapat membuat keluarga jadi diare.

Baca Juga: Intip Yuk, Ini 6 Buah Tinggi Vitamin C yang Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Cuci Semua Barang Belanjaan

Cuci atau laplah semua barang belanjaan, baik itu dalam kemasan, maupun non kemasan. Ini berguna agar kulkas jadi tetap higienis dan terhindar dari berbagai debu, kotoran, serta kuman yang menempel.

Untuk barang-barang dalam kemasan, lap dengan kain basah, agar semua kotoran menghilang. Sementara untuk makanan segar, sebaiknya dicuci sebelum dimasak, agar tetap awet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru