Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah Sepanjang Libur Lebaran 2022

Sabtu, 30 April 2022 | 13:54 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah Sepanjang Libur Lebaran 2022

ILUSTRASI. Mobil diparkir dipinggir jalan di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/pd


MUDIK LEBARAN - Libur cuti lebaran sudah tiba. 

Nah, bagi Anda yang memilih mudik menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut, ada sejumlah tips aman sebelum meninggalkan mobil di rumah dalam waktu cukup lama. 

Berikut adalah tips meninggalkan mobil di rumah dalam waktu cukup lama dari keterangan resmi Auto2000:

1. Bersihkan eksterior dan interior mobil 

Anda bisa mencuci mobil sebelum ditinggalkan di dalam garasi. Bodi mobil bisa dilapisi dengan wax untuk menjaga kondisi cat dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, air hujan, dan baret. 

Untuk bagian interior, manfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan debu. Lalu, keluarkan karpet dan cuci hingga bersih, pastikan kering supaya tidak meninggalkan bau. 

Baca Juga: Ikuti 6 Tips Ini Saat Mudik Lebaran Bersama Bayi atau Balita

2. Parkir di lokasi aman dan waspada binatang liar 

Paling aman tentu parkir di dalam garasi rumah yang sudah memiliki atap, untuk menghindari sinar matahari langsung, juga hujan dan suhu udara malam hari. 

Mobil yang ditinggal juga berpotensi dihinggapi binatang liar atau serangga. Jadi pastikan pula seluruh celah seperti jendela, pintu, dan lubang-lubang di kolong mobil tertutup rapat. 

Bisa juga dengan meletakkan bahan pengusir binatang tersebut di sekitar mobil. 

3. Keluarkan barang pribadi dan sisa makanan dari kabin mobil 

Jangan lupa untuk mengeluarkan makanan dan minuman yang tertinggal karena akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengundang serangga. 

Keluarkan pula barang pribadi seperti kartu uang elektronik, kacamata, pemantik api, power bank, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran. 

Baca Juga: Menilik Upaya Pemerintah Gandeng Tesla Guna Mendorong Ekosistem Kendaraan Listrik

4.  Lebihkan tekanan udara ban 

Tekanan udara ban mobil yang berdiam di rumah akan berkurang lebih cepat ketimbang ban yang dipakai setiap hari. Silakan mengisinya sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan, sekitar 5 psi, supaya tekanan ban tidak cepat berkurang bahkan hingga habis total.  

5. Hindari penggunaan rem parkir 

Ada kasus di mana kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol rem dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. 

Oleh sebab itu, lepaskan rem parkir atau rem tangan dan ganjal ban dengan balok kayu. Untuk lebih aman dapat menggunakan wheel chock yang diperuntukkan sebagai pengganjal ban mobil. 

Baca Juga: Bagi Pemudik Kendaraan Listrik, PLN Operasikan 126 SPKLU di 48 Kota

6. Melepas kabel aki 

Jika pergi kurang dari 1 minggu, Anda tidak perlu melepaskan kabel yang menuju aki mobil. Untuk mempertahankan kapasitas aki, jalankan mobil sekitar 30 menit sebelum ditinggalkan di rumah. 

Meski begitu, jika mobil ditinggalkan lebih dari 1 minggu, kabel di terminal negatif sebaiknya dicabut untuk mencegah aki tekor. Segera pasang kembali kabel aki setelah pulang ke rumah dan jalankan mobil sekitar 30 menit untuk memastikan tidak ada masalah. 

7. Pasang alarm dan kunci tambahan 

Pasang alarm dan kunci tambahan untuk pencegahan tindak kejahatan. Selain itu, jangan lupa juga untuk berkoordinasi dengan petugas keamanan untuk menitipkan kendaraan. 

Biasanya petugas keamanan akan mengecek rutin setiap keliling komplek sehingga keamanan mobil lebih terjaga. Berikan mereka nomor ponsel Anda supaya dapat dihubungi dalam kondisi darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru