Tips cara mencegah kanker paru-paru, para perokok wajib tahu

Jumat, 20 Agustus 2021 | 05:50 WIB Sumber: Kompas.com
Tips cara mencegah kanker paru-paru, para perokok wajib tahu

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Perokok aktiv dan pasif perlu mengenali cara mencegah kanker paru-paru. Pasalnya, perokok aktif dan pasif rawan terkena kanker paru-paru 

Berhenti merokok adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker paru-paru. Tapi, bagaimana pun juga, berhenti merokok bukan satu-satunya cara mencegah kanker paru-paru yang bisa dilakukan.

Karena banyak yang menganggap kanker paru-paru sebagai "penyakit perokok", Anda pada akhirnya mungkin tidak menyadari bahwa ada faktor risiko lain, seperti paparan radon dan pekerjaan. Dari semua orang yang terkena kanker paru-paru, setengahnya dilaporkan adalah mantan perokok atau orang yang tidak pernah merokok sama sekali.

Apapun riwayat merokok Anda, penting untuk melakukan apa yang Anda bisa untuk mengurangi risiko kanker paru-paru Anda dan keluarga Anda. Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengurangi faktor risiko dan membuat perubahan gaya hidup yang dapat membantu mencegah kanker paru-paru ini.

Berikut adalah tips atau cara mencegah kanker paru-paru yang baik dipertimbangkan:

Baca juga: Ini minuman dan makanan yang efektif membantu menjaga kesehatan paru-paru

1. Berhenti merokok

Cara pertama mencegah kanker paru-paru adalah berhenti merokok. Sejelas kelihatannya, berhenti merokok tetap menjadi satu-satunya cara terbaik untuk mencegah kanker paru-paru, apakah Anda telah merokok selama satu tahun atau beberapa dekade.

Dilansir dari Very Well Health, penelitian telah menunjukkan bahwa sebanyak 90 persen dari semua kasus kanker paru-paru adalah akibat langsung dari merokok Asap rokok mengandung banyak zat beracun, termasuk formaldehida, benzena, dan arsenik. Bahan kimia ini dapat menyebabkan kanker dan meningkatkan risiko penyakit pernapasan lainnya. Ini termasuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan faktor risiko independen untuk kanker paru-paru.

Tidak peduli berapa lama atau seberapa banyak Anda merokok, berhenti merokok saat ini juga dapat secara signifikan mengurangi risiko Anda terkena kanker dan meningkatkan kesehatan Anda.

Menurut sebuah studi pada 2018 di Journal of National Cancer Institute, perokok berat yang berhenti merokok selama lima tahun mengurangi risiko kanker paru-paru sekitar 39 persen. Itu meningkat menjadi 50 persen setelah 10 tahun.

Ada banyak alat bantu berhenti merokok yang tersedia untuk membantu Anda berhenti melakukan aktivitas merugikan ini. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mencari cara terbaik berhenti merokok sesuai dengan kondisi Anda.

2. Hindari asap rokok

Cara kedua mencegah kanker paru-paru adalah menghindari asap perokok. Cara ini terutama bagi orang yang hidup atau dekat dengan perokok aktif.

Hidup dengan perokok dilaporkan dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 20-30 persen. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko paparan asap rokok lebih lanjut:

Cara menghindari asap rokok untuk mencegah kanker paru-paru antara lain:

  • Carilah hotel, tempat makan, dan perusahaan persewaan mobil bebas asap rokok
  • Jangan biarkan pengunjung merokok di rumah atau mobil Anda
  • Mintalah teman, keluarga, dan pengasuh untuk tidak merokok di sekitar Anda atau anak-anak Anda
  • Ajari anak-anak Anda tentang asap rokok dan cara menghindarinya

Simak cara mencegah kanker paru-paru di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru