Waspada 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Jangan Anggap Sepele!

Minggu, 19 Juni 2022 | 07:35 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Jangan Anggap Sepele!


KESEHATAN - Sakit perut dapat dibilang adalah hal yang biasa dialami. Namun, Anda perlu waspada jika mengalami sakit perut sebelah kanan.

Pasalnya, sakit perut sebelah kanan tidak boleh dianggap sepele. Hal tersebut dikarenakan di area perut sebelah kanan banyak organ-organ penting. Terlebih jika Anda mengalami sakit perut sebelah kanan dalam rentan waktu yang relatif lama. 

Selain itu, umumnya jika Anda mengalami sakit perut sebelah kanan juga dapat menimbulkan gejala-gejala. Contohnya seperti demam, diare, sembelit, buang besar berdarah dan berbagai gejala lainnya. 

Baca Juga: Ampuh! Coba 5 Pilihan Obat Sakit Kepala Berikut yang Mudah Didapatkan

Meski demikian, sakit perut sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Serta sakit perut sebelah kanan juga belum tentu menjadi tanda pemyakot serius, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Melansir dari Health Grades, terdapat beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan yang perlu diwaspadai:

Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit perut sebelah kanan yang Anda alami. Biasanya rasa sakit akan menjalar ke area tubuh lain seperti selangkangan. Tak hanya itu, penyakit ginjal juga membuat buang air kecil Anda bermasalah mulai dari intensitas yang semakin sering, air kencing berbusa hingga berdarah dan berbagai gejala lainnya. 

Penyakit Liver 

Selain penyakit ginjal, jika Anda mengalami sakit perut sebelah kanan Anda harus lebih waspada terkena penyakit liver. Pasalnya, penyakit liver salah satu gangguan yang dapat membahayakan kesehatan. Penyakit liver juga ditandai dengan perubahan warna kulit, air kencing hingga kaki yang membengkak jika kondisi sudah parah. 

Baca Juga: 3 Manfaat Orgasme Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

Infeksi Paru-Paru

Penyebab sakit perut sebelah kanan lainnya yaitu disebabkan oleh infeksi paru-paru. Hal yang sama juga bisa terjadi pergumpalan darah di paru-paru Anda. Selain menyebabkan sakit perut, Anda juga akan mengalami gejala lain salah satu satunya batuk berdarah, demam dan lain-lain. 

Kanker

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang harus Anda waspadai adalah kanker. Pasalnya, sakit perut sebelah kanan merupakan salah satu gejala kanker. Oleh sebab itu Anda harus lebih waspada dan menerap gaya hidup sehat untuk mencegah hal tersebut terjadi. 

Radang Usus Buntu

Penyebab sakit perut sebelah kanan dapat dipengaruhi oleh radang usus buntu. Sudah menjadi rahasia umum radang usus buntu mengakibatkan sakit perut. 

Selain menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan, radang usus buntu juga mengakitbatkan gejala seperti demam, diare, sembelit dan berbagai gejala lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru