Waspada! 7 Masalah yang bisa menimpa rumah saat tiba musim hujan

Senin, 15 November 2021 | 08:15 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Waspada! 7 Masalah yang bisa menimpa rumah saat tiba musim hujan


KONTAN.CO.ID - Musim hujan telah tiba! Musim yang satu ini memang kerap dianggap sebagai berkah karena mendatangkan air hujan yang berlimpah dan udara sejuk yang membuat nyaman.

Namun, di sisi lain, musim hujan bisa mendatangkan beragam masalah yang merepotkan, mulai dari banjir, genangan, hingga udara yang lembap dan apek. Akibatnya, penghuni rumah harus siap memutar otak untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Nah, kira-kira masalah apa saja yang kerap terjadi di rumah saat musim hujan? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 11 Makanan dan minuman yang harus dihindari agar gula darah terkontrol

Atap bocor

Dilansir dari SCB Thailand, atap bocor merupakan salah satu masalah utama yang kerap muncul saat musim hujan. Tak jarang, air yang merembes pada atap juga bisa menyebar ke tembok atau lantai, sehingga membuat seisi rumah basah, lembap, dan rentan terkena jamur atau lumut.

Atap yang bocor ini seringkali disebabkan oleh sambungan atap yang kurang rapat, bahan atau material atap yang kurang berkualitas, pemasangan atap dan genteng yang kurang tepat, bahkan bentuk atap yang tidak didesain dengan benar. Solusinya, pilihlah material atap yang berkualitas dan gunakan jasa profesional untuk memeriksa dan membetulkan atap jika diperlukan.

Pipa yang tersumbat atau terlalu penuh

Hujan deras kerap membuat aliran air pada pipa pembuangan menjadi meningkat. Jika hal ini terjadi terus-menerus, tekanan air yang berlebihan dapat menyebabkan overflow atau kebocoran pada pipa. Untuk mengatasi aliran air tersebut, pastikan arah pembuangannya mengarah pada tempat yang tepat, misalnya selokan di luar rumah.

Di sisi lain, sampah seperti daun kering atau kotoran juga bisa rontok dan masuk ke dalam pipa saat hujan. Jika daun kering dan kotoran tersebut menumpuk, pipa air bisa tersumbat dan menyebabkan aliran air tidak lancar. Periksa pipa pembuangan secara rutin untuk memastikan bagian dalamnya tidak tersumbat.

Baca Juga: 6 Drakor terbaru bersaing rating di akhir pekan, ada Now We Are Breaking Up & Chimera

Munculnya genangan air

Saat hujan, genangan air kerap muncul di tempat-tempat tertentu, misalnya ember, pot, bahkan di lantai. Jika dibiarkan, genangan air ini bisa menjadi sarang nyamuk dan menyebabkan beragam penyakit yang merugikan manusia.

Solusinya, tutup tempat-tempat yang kemungkinan dapat menampung air saat hujan, dan singkirkan air hujan dari lantai dengan menggunakan squeege atau sikat karet.

Pohon tumbang

Pohon tumbang adalah masalah yang kerap diberitakan saat musim hujan, karena dapat merusak lingkungan sekitarnya, mulai dari rumah, mobil, atau tiang listrik. Bahkan, tidak jarang pohon tumbang ini menimpa manusia dan menyebabkan cedera serius.

Untuk mencegah pohon yang tumbang, tebang batang pohon atau dahan yang sudah rimbun dan berada di dekat rumah. Hindarkan rumah Anda dari bagian batang atau dahan pohon yang tumbuh terlalu besar dan tinggi.

Baca Juga: Bursa Senin (15/11) segera dibuka, cek rekomendasi saham untuk dibeli hari ini

Listrik padam

Hujan deras dan angin kencang kerap menyebabkan listrik padam di beberapa tempat. Listrik yang berkali-kali padam tentu dapat merugikan kehidupan manusia di zaman sekarang yang sangat bergantung pada tenaga listrik.

Supaya listrik yang padam tidak mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, siapkan alat-alat seperti lampu emergency, power bank, atau baterai. Jika cuaca terlihat memburuk, segera isi ulang baterai semua perangkat Anda hingga penuh untuk menghindari kemungkinan baterai habis saat listrik padam.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham saat IHSG diprediksi kembali melemah hari ini (15/11)

Pakaian yang dicuci tidak cepat kering

Dilansir dari Camella, musim hujan memang menyenangkan karena udara yang lebih sejuk. Namun, udara yang lebih sejuk dan ketiadaan sinar matahari yang terik membuat cucian membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering. Bahkan, tidak jarang pakaian berbau apek karena lembap dalam waktu lama.

Solusinya, manfaatkan fitur pengering pada mesin cuci jika ada. Lalu, segera jemur pakaian untuk mengurangi risiko pakaian berbau apek. Pastikan juga ruangan untuk menjemur pakaian memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tanaman rusak

Hujan yang deras biasanya disertai angin kencang yang dapat merusak lingkungan sekitar rumah, termasuk tanaman yang diletakkan di luar rumah. Hujan dapat membuat tanaman kelebihan air, merusak bentuk tanaman, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, pindahkan tanaman-tanaman yang terlihat rapuh ke tempat yang lebih aman, misalnya di dalam rumah.

Selanjutnya: Kapan Sebaiknya Mengganti Sprei? Ini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru