13 Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi yang Mudah Dilakukan

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
13 Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi yang Mudah Dilakukan

ILUSTRASI. Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi.


KONTAN.CO.ID - Semut yang berkerumun di dalam rumah bisa menjadi gangguan besar. Untuk itu, cara mengusir semut agar tidak datang lagi perlu diketahui oleh Anda yang bermasalah dengan semut di rumah.  

Semut akan mengerubungi remah-remah makanan di lantai bahkan bisa masuk ke dalam plastik wadah makanan yang belum dibuka. 

Hal ini tentu saja menimbulkan kerepotan lantaran kita harus membersihkan makanan dari semut-semut tersebut sebelum memakannya. 

Nah, ada beberapa cara mengusir semut di rumah yang mudah untuk dilakukan. Lantas, apa saja cara mengusir semut agar tidak datang lagi? 

Baca Juga: 10 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

13 Cara mengusir semut agar tidak datang lagi 

Dirangkum dari laman NDTV Food, berikut 8 cara mengusir semut agar tidak datang lagi: 

1. Kapur

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi adalah menggunakan kapur. Kapur mengandung kalsium karbonat yang membantu mengusir semut. 

Cara mengusir semut di rumah adalah semprotkan sedikit bubuk kapur di area yang menjadi titik masuk semut atau buat garis kapur di pintu masuk. Pastikan Anda membuat garis yang jauh dari jangkauan anak-anak di rumah.

Baca Juga: 100 Nama-Nama Hewan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

2. Lemon

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi berikutnya adalah dengan lemon. Sebab, semut tidak menyukai bau sari lemon sehingga mereka akan menjauh. Apa pun yang asam dan pahit dapat menjauhkan semut. 

Cara mengusir semut di rumah dengan lemon yakni peras lemon atau tempatkan kulit lemon di tempat semut masuk. Anda juga bisa mengepel lantai dengan air yang sudah ditambahi sedikit air lemon. 

Baca Juga: Penyerbukan Bunga: Pengertian, Proses, dan Jenis Penyerbukan pada Bunga

3. Jeruk

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Jeruk sama dengan lemon, yakni dapat mencegah semut mengunjungi rumah Anda. Cara mengusir semut agar tidak datang lagi di rumah yakni campurkan air hangat dan sedikit kulit jeruk lalu oleskan di sekitar titik masuk semut dan bersihkan setelahnya. 

Anda juga bisa meletakkan kulit jeruk di dapur atau di mana pun menurut Anda semut bisa masuk. 

4. Merica

Selanjutnya, cara mengusir semut agar tidak datang lagi yakni dengan merica. Sebab, semut membenci lada atau merica.

Selain itu, cabai rawit atau lada hitam juga dibenci oleh semut. Nah, cara mengusir semut di rumah yakni taburkan merica di area tempat semut masuk ke rumah Anda.

Anda juga bisa membuat larutan merica dan air dan menyemprotkannya di dekat area semut masuk ke dalam rumah. 

Baca Juga: Ampuh, Begini Cara Basmi Jamur pada Tanaman Menggunakan Baking Soda

5. Garam

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Cara mengusir semut di rumah menggunakan garam yakni dengan merebus air dan menambahkan garam dalam jumlah besar ke dalamnya, aduk sampai larut. 

Tuang ke dalam botol semprot dan semprotan tempat semut biasa masuk ke dalam rumah.

6. Cuka Putih

Semut tidak tahan dengan bau cuka putih. Cara mengusir semut agar tidak datang lagi yakni siapkan larutan air dan cuka putih dengan jumlah yang sama.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya dan kocok hingga tercampur sempurna. Simpan larutan ini dan taburkan di titik masuk semut. Ulangi ini sekali sehari. 

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah Sederet Manfaat Kayu Manis untuk Kebun dan Tanaman

7. Kayu manis

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Selanjutnya, cara mengusir semut di rumah adalah dengan meletakkan kayu manis dan cengkih di pintu masuk rumah dan area yang menurut Anda bisa dimasuki semut. 

Hal ini juga menjadi metode yang bagus untuk menjaga rumah tetap segar dan harum. Kayu manis dipercaya bertindak sebagai pengusir alami karena semut tidak tahan terhadap bau yang menyengat. 

Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa menambahkan sedikit minyak esensial ke bubuk kayu manis untuk menimbulkan bau yang lebih kuat guna mengusir semut. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Beragam Manfaat Baking Soda Selain Untuk Masakan

8. Peppermint

Kemudian, cara mengusir semut agar tidak datang lagi di rumah yakni menggunakan peppermint. Peppermint adalah bahan yang dipercaya dapat mengusir semut. 

Semut tidak menyukai bau peppermint dan cenderung menghindari area yang terkena bahan tersebut. 

Cara mengusir semut di rumah dengan peppermint adalah siapkan campuran 10 tetes minyak esensial peppermint dan secangkir air. Lalu taburkan di mana pun Anda menemukan semut. Ulangi ini dua kali sehari. 

Baca Juga: 10 Cara Mengusir Tikus Bandel Dari Kamar & Rumah, Cek Tips Mencegah Tikus Datang Lagi

9. Bubuk kopi 

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi yakni menggunakan bubuk kopi. Dikutip dari Kompas.com (9/8/2022), kopi menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengusir semut.

Cara mengusir semut di rumah adalah taburkan sedikit bubuk kopi ke area yang penuh semut. Lantaran tak menyukai aroma kopi, semut perlahan akan menghilang dan pergi dari area tersebut. 

Aroma dari bubuk kopi akan menghilang dari waktu ke waktu. Untuk itu, taburkan kembali di area yang sama setiap beberapa minggu sekali.

Baca Juga: Industri Mamin Menjadi Sektor Penting Penunjang Kinerja Industri Pengolahan Non Migas

10. Pembersih kaca dan deterjen cair

Kemudian, cara mengusir semut agar tidak datang lagi juga bisa menggunakan cairan pembersih kaca maupun deterjen cair. Dilansir dari Healthline, semut akan menimbulkan jejak feromon beraroma saat berjalan. 

Aroma ini, berfungsi sebagai petunjuk jalan atau peta bagi semut. Cara mengusir semut adalah dengan menghapus jejak aroma yang ditinggalkan serangga ini.

Nah, cara mengusir semut di rumah yakni campurkan cairan pembersih kaca dengan deterjen cair ke dalam botol semprot. Kemudian, kocok botol dan semprotkan ke area di mana semut terlihat. Selesai menyemprot, jangan lupa untuk mengelapnya agar tidak meninggalkan residu.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Sering Kesemutan yang Perlu Anda Ketahui

11. Tepung jagung 

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi bisa menggunakan tepung jagung atau maizena. Tepung ini bisa membekap semut. 

Cara mengusir semut di rumah yakni tuangkan tepung maizena ke seluruh kelompok semut, dan tambahkan air di atasnya. Hal ini dapat membuat banyak semut mati terbungkus tepung maizena. 

Anda juga bisa menutupi semut dengan tepung maizena lalu menyedotnya daripada menggunakan air. Pastikan untuk segera membuang kantong vakum bersegel di luar ruangan. 

12. Tepung serbaguna 

Tepung serbaguna juga bisa digunakan sebagai pengusir semut. Cara mengusir semut di rumah yakni taburkan tepung serbaguna di ambang pintu, jendela, atau fondasi rumah, atau dioleskan pada jalur semut untuk mengacaukan jejak feromonnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Kelabang di Rumah dan Mencegahnya Masuk ke Rumah

13. Boraks 

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi juga bisa menggunakan boraks atau asam borat. Dirangkum dari laman Gramedia, boraks terbukti ampuh membunuh semut pekerja dan ratunya dalam 3 minggu. 

Meski demikian, Anda harus menjauhkan hewan peliharaan dari bahan ini. Serta jauhkan juga dari anak-anak dan gunakan sarung tangan jika menggunakan bahan kimia ini.

Beberapa perangkap umpan mengandung asam borat atau boraks. Kebanyakan perangkap mengandung hidrametilnon ini diketahui senyawa kimia yang berbahaya bagi anak-anak atau hewan peliharaan.

Meski demikian, perangkap semut ini dapat ditemukan di banyak toko ataupun situs belanja online. Pastikan untuk memeriksa bahan-bahannya sebelum membeli.

Demikian sejumlah cara mengusir semut di rumah dan cara mengusir semut agar tidak datang lagi di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru