3 Tips Mudik Aman Ke Kampung Halaman

Kamis, 21 April 2022 | 16:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
3 Tips Mudik Aman Ke Kampung Halaman

ILUSTRASI. Ilustrasi mudik. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.


MUDIK LEBARAN -Jakarta. Mudik menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan oleh sebagian umat Islam di momen libur Lebaran. Beragam cara dan sarana transportasi dapat dipilih untuk menuju kampung halaman, salah satunya dengan kendaraan pribadi. 

Nah, untuk itu ada sejumlah persiapan mudik yang harus dilakukan terutama jika tujuan mudik jauh dari tempat domisili. 

Dirangkum dari keterangan resminya, Daihatsu pun memberikan tips mudik aman ke kampung halaman melalui acara bertajuk ’Ngobrol Asik Safety Driving Untuk Mudik’ pada tautan berikut IG LIVE Ngobrol Asik Safety Driving Untuk Mudik.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana berbagi tips persiapan mudik yang dibagi menjadi 3 poin utama, mulai dari Persiapan Kendaraan, Persiapan diri, dan Persiapan Selama Berkendara.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Gelar Mudik Gratis Lebaran 2022, Ini Syarat Daftar & Jadwalnya

3 Tips mudik aman ke kampung halaman 

Berikut adalah tiga tips mudik aman ke kampung halaman yang bisa dicoba:

1. Persiapan kendaraan

Pastikan kondisi prima dan telah melakukan servis rutin. 

Anda juga dapat melakukan pengecekan beberapa komponen, seperti kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, AC, air radiator, minyak rem, hingga perlengkapan darurat seperti tool kit, dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K, termasuk susun muatan di dalam kabin  secara aman agar tidak menghalangi visibilitas pengemudi ketika berkendara.

Baca Juga: Tips Bijak Mengelola Keuangan Jelang Mudik Lebaran dari Pakar UGM

2. Persiapan diri

Pastikan kesehatan fisik dan psikis dalam kondisi baik, ketika berkendara dengan kondisi berpuasa dan menghadapi situasi perjalanan macet, cuaca panas, serta kondisi lainnya. Serta jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya.

3. Gunakan fitur kendaraan yang sesuai selama perjalanan 

Selama perjalanan, gunakan fitur kendaraan yang sesuai dengan peruntukkan, seperti sabuk pengaman, penggunaan rem secara bijak, selalu menjaga jarak aman. 

Serta beristirahatlah maksimal 3 jam setelah berkendara, serta patuhi peraturan dan rambu lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru