4 Cara Decluttering Bisa Membantu Menghemat Uang

Selasa, 04 Januari 2022 | 12:23 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Cara Decluttering Bisa Membantu Menghemat Uang

ILUSTRASI. Cara decluttering yang bisa membantu menghemat uang.


TIPS & TRIK - Decluttering merupakan salah satu cara hidup minimalis. Berikut ini cara decluttering yang bisa membantu menghemat uang.

Decluttering bisa diartikan sebagai suatu cara meminimalisir, menyingkirkan, atau membersihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan hanya menyisakan barang dibutuhkan saja. 

Selain membuat rumah menjadi lebih bisa tertata, decluttering bermanfaat karena bisa membantu menghemat uang atau pengeluaran Anda.

Soalnya, jika Anda sudah menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan, akan membuat rumah menjadi lebih nyaman sehingga terhindar untuk belanja sembarangan. 

Selain bisa menghemat uang, decluttering juga dapat menghasilkan duit. Contohnya, Anda bisa menjual barang-barang yang memang masih bagus dan layak pakai namun sudah tidak dibutuhkan. 

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Kecap ala Chef Devina

Melansir dari Real Simple, ada beberapa cara decluttering yang bisa membantu seseorang untuk menghemat uang:

1. Decluttering menunjukkan barang yang dimiliki

Salah satu manfaat dari decluttering adalah Anda bisa mengetahui atau menemukan barang apa saja yang dimiliki. Pasalnya, seseorang mungkin lupa pernah membeli barang sembarangan dan akhirnya dapat ditemukan karena semua barang di rumah dibersihkan.

Dengan cara tersebut, membuat Anda tidak akan membeli barang sembarangan yang dirasa tidak dimiliki padahal ada di rumah. Hal ini tentunya bisa membantu menghemat uang dan pengeluaran Anda. 

Menggunakan apa yang Anda miliki atau menemukan kegunaan baru untuk barang-barang lama adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan menjaga kebersihan rumah.

2. Decluttering membuat belanja menjadi lebih disengaja

Sebagian orang mungkin berbelanja atas dasar keinginan bukan kebutuhan. Decluttering membuat Anda bisa mengetahui barang apa saja yang sedang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan.

Hal tersebut membuat Anda akan lebih sengaja dan memilih barang yang akan dibeli berdasarkan kebutuhan. Oleh karena itu, decluttering menjadi salah satu cara menghemat uang atau pengeluaran.

Baca Juga: Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Humidifier di Rumah

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru