4 Cara diet alami untuk Anda, efektif menurunkan berat badan

Senin, 01 Februari 2021 | 14:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara diet alami untuk Anda, efektif menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara diet alami yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan memerhatikan makanan apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Beberapa jenis makanan dapat membantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat dan lebih banyak.

Berat badan Anda bisa bertambah karena berbagai macam hal. Mulai dari perubahan hormon saat hamil atau menstruasi hingga konsumsi jenis obat tertentu, seperti antidepresan atau pil KB. Dengan mengetahui penyebab tersebut, proses penurunan berat badan Anda jadi lebih efektif.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi penyebab kenaikan berat badan itu. Imbangi dengan olahraga secara rutin dan konsumsi makanan-makanan yang bisa menurunkan berat badan Anda.

Cuka Apel

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), cuka apel mengantung antiinflamasi dan antiobesitas yang dapat menurunkan berat badan Anda. Caranya, minum segelas air hangat yang telah dicampur 1 sdm cuka apel dan sedikit madu setiap hari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi makanan untuk diet, enak dan mudah didapat

Teh Hijau

Selain cuka apel, cara diet alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan teh hijau. Hal itu disebabkan karena adanya katekin dan kafein dalam teh hijau. Pertama, Anda perlu merebus segelas air dengan 1 sdt teh hijau selama lima hingga tujuh menit.

Setelah itu, saring air rebusan teh itu dan beri sedikit madu supaya teh terasa lebih lezat. Minum air rebusan teh hijau yang telah hangat sebanyak tiga kali dalam sehari. Usahakan untuk melakukannya secara rutin agar berat badan bisa turun.

Lemon dan Madu

Salah satu cara diet alami adalah dengan mengonsumsi lemon dan madu.

Stylecraze mengatakan bahwa lemon dan madu adalah kombinasi efektif untuk menurunkan berat badan. Vitamin C dalam lemon berfungsi untuk mengoksidasi lemak dan madu berperan untuk menghambat aktivitas lemak.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur air perasan setengah lemon dalam setengah gelas air hangat. Anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya semakin lezat. Minum air campuran tersebut sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari.

Baca Juga: 5 Cemilan sehat ini bisa jadi cara diet alami

Kayu Manis

Selain beberapa bahan di atas, kayu manis juga bisa dimanfaatkan sebagai cara diet alami, lo. Caranya, masukkan 1-2 sdt bubuk kayu manis, air perasan lemon, dan madu ke segelas air hangat. Minum air campuran itu sekali dalam sehari saat perut masih kosong.

Kayu manis adalah salah satu bahan yang cukup sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Tidak berhenti sampai di situ, aktivitas metabolis kayu manis juga mampu menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan tubuh dari diabetes.

Selanjutnya: Tak hanya alpukat, ini pilihan makanan untuk diet lainnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru