4 Makanan ini berguna jadi obat herbal asam lambung, lo

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Makanan ini berguna jadi obat herbal asam lambung, lo

KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik bukanlah suatu hal yang baik. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat herbal asam lambung berikut ini.

Tapi, bukan berarti obat herbal bisa menggantikan pengobatan dokter, ya. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter. Apalagi, jika asam lambung naik Anda alami dalam jangka waktu lama.

Selain itu, usahakan untuk menerapkan pola hidup sehat supaya asam lambung lebih terkontrol. Atur jadwal makan secara teratur, hindari jenis makanan tertentu, rajin olahraga, dan kelola stres dengan baik.

Supaya kesehatan tetap baik, beberapa jenis makanan di bawah ini pun perlu Anda konsumsi secara rutin:

Apel

Tahukah Anda bahwa apel cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung? Melansir Everyday Health, apel memiliki kandungan asam yang sedikit.

Tidak hanya itu, apel juga dipenuhi dengan serat yang mana baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: Hindari, 5 makanan penyebab asam urat ini tinggi purin

Oatmeal

Oatmeal bisa Anda jadikan obat herbal asam lambung.

Oatmeal jadi obat herbal asam lambung berikutnya yang dapat Anda jadikan opsi. Jika Anda ingin mengonsumsi oatmeal, pastikan untuk tidak mencampurnya dengan jenis buah yang kaya zat asam, ya. Misalnya, stroberi dan bluberi.

Kandungan dalam oatmeal juga bisa menstabilkan jumlah gula darah dalam tubuh, lo. Artinya, jenis makanan itu cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bukan cuma itu, rutin mengonsumsi oatmeal pun baik untuk kesehatan jantung.

Pisang

Pisang termasuk obat herbal asam lambung.

Everyday Health merekomendasikan pisang sebagai obat herbal asam lambung yang dapat Anda coba. Selain mampu menetralkan asam lambung, pisang juga dipenuhi dengan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari serat, kalium, hingga vitamin B6.

Baca Juga: Coba 5 obat asam urat yang aman untuk lambung ini, yuk

Kacang almond

Kacang almond pun bisa Anda manfaatkan untuk mengobati asam lambung. Jenis kacang itu mengandung serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, jumlah asam lambung menjadi lebih terkontrol.

Masih banyak nutrisi lain yang terdapat dalam kacang almon. Mulai dari mangan, vitamin E, magnesium, asam lemak tak jenuh tunggal, sampai asam lemak omega-3.

Artinya, mengonsumsi kacang almond bisa menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara menyeluruh.

Selanjutnya: Yuk, coba 5 cemilan untuk penderita asam lambung ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru