4 Makanan ini bisa jadi obat batu ginjal

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Makanan ini bisa jadi obat batu ginjal


KESEHATAN - Batu ginjal bisa terbentuk karena penumpukan banyak hal, seperti oksalat dan fosfor. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat batu ginjal.

Masalah terasa semakin parah saat batu ginjal berada di titik-titik tertentu. Dengan ukurannya yang besar, batu ginjal bisa menghambat sistem dalam tubuh Anda.

Akibatnya, ada banyak gejala batu ginjal yang Anda alami. Mulai dari sakit perut hingga muncul rasa sakit saat buang air kecil.

Nah, di bawah ini, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi. Sebelum mengonsumsinya secara teratur, jangan lupa untuk meminta saran dokter, ya. Dengan begitu, kesehatan tubuh secara menyeluruh dapat terjaga.

Buah sitrus

Healthline merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi banyak buah sitrus supaya batu ginjal bisa terobati. Beberapa jenis buah yang termasuk dalam kelompok buah sitrus adalah jeruk nipis, lemon, jeruk bali, dan lain sebagainya.

Kandungan dalam buah sitrus mampu menghambat pembentukan batu ginjal. Tidak berhenti sampai di situ, buah sitrus juga dipenuhi dengan vitamin C yang efektif meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Baca Juga: 4 Hal yang bisa Anda lakukan sebagai obat nyeri pinggang

Sumber kalsium

Sumber kalsium, seperti susu sapi, bisa Anda gunakan sebagai obat batu ginjal.

Obat batu ginjal berikutnya yang perlu Anda konsumsi adalah makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium. Mengutip dari Healthline, asupan kalsium tubuh yang tak terpenuhi meningkatkan risiko penumpukan oksalat.

Ada banyak sumber kalsium yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari susu sapi, yogurt, keju, tahu, susu kambing, hingga susu kedelai. Anda juga bisa mendapat kalsium dari suplemen, tapi pastikan untuk meminta saran dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Warna air kencing bisa kuning, jernih, coklat, keruh dll, apa artinya?

Air putih

Air putih bisa jadi obat batu ginjal.

Obat batu ginjal berikutnya yang sangat mudah untuk ditemukan adalah air putih. Minum air putih membantu tubuh menghancurkan pembentuk batu ginjal dan membuangnya bersama dengan urin. Umumnya, Anda perlu minum delapan gelas air putih per hari.

Sumber vitamin D

Untuk memaksimalkan penyerapan kalsium, Anda perlu memenuhi asupan vitamin D. Nah, sumber vitamin D terbaik adalah paparan sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa mendapat vitamin D dari beberapa jenis makanan, seperti ikan, jamur, dan keju.

Selanjutnya: Mengobati diabetes melitus, ini sederet manfaat sambiloto untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru