CLOSE [X]

4 Manfaat castor oil bagi perawatan kulit dan rambut, perlu dicatat!

Minggu, 07 November 2021 | 06:45 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
4 Manfaat castor oil bagi perawatan kulit dan rambut, perlu dicatat!


KONTAN.CO.ID - Castor oil adalah minyak alami yang dari ekstraksi biji tanaman jarak. Castor oil telah dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Castor oil memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kulit dan rambut.

Terdapat kandungan omega-3, omega-6, omega-9 d dan ricinoleic acid di dalam castor oil ini. Jika Anda tertarik dengan perawatan kulit dan rambut dari castor oil, berikut manfaat castor oil yang dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu:

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat castor oil untuk kulit adalah mengatasi masalah jerawat. Castor oil bisa membersihkan kotoran, debu, sel kulit mati, dan sebum berlebih. Castor oil memiliki daya serap hingga ke lapisan dalam kulit dapat langsung ditangani. Anda bisa mengoleskan minyak ini secara langsung pada area wajah yang berjerawat, namun gunakanlah minyak ini secukupnya agar tidak terjadi penyumbatan pori-pori.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat castor oil untuk kulit selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Castor oil mampu menyerap hingga ke lapisan terdalam kulit dan menstimulasi produksi kolagen. Meningkatnya produksi kolagen, kulit akan semakin halus, lembut, dan terhidrasi dengan baik.

Tampilan kerutan dan garis halus pun akan berkurang. Anda bisa mengaplikasikan sedikit castor oil pada area yang berkeriput seperti sekitar mata, dahi, dan garsi senyum. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Bahaya permainan laser pointer untuk kucing, hati-hati bagi penyayang si meong

3. Mengurangi Pigmentasi Pada Kulit

Castor oil juga bisa mengurangi pigmentasi pada kulit seperti noda hitam bekas jerawat. Castor oil mempunyai kandungan asam lemak yang tinggi, seperti omega-3 yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Omega-3 dapat menghidrasi kulit dan memicu pertumbuhan jaringan kulit baru. Anda dapat langsung menggunakan castor oil pada seluruh permukaan wajah sambil sedikit dipijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan selama 5-10 menit, lalu bilas wajah Anda menggunakan pembersih yang lembut atau air mengalir.

4. Memicu Pertumbuhan Rambut

Manfaat castor oil untuk rambut adalah dapat memicu pertumbuhan rambut. Castor oil mengandung omega-6 dan 9. Kedua nutrisi tersebut menyerao hingga ke dalam akar rambut, menjaga rambut agar tetap sehat, dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan perawatan rambut dari castor oil tidak sulit yaitu oleskan castor oil pada seluruh permukaan kulit kepala hingga merata. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan castor oil dengan minyak kelapa, sesame oil, dan sweet almond oil. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih. 

5. Mencegah Rambut Rontok

Castor oil juga mengandung ricinoleic acid yang mampu melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Jika sirkulasi darah  lancar, maka kesehatan folikel dan kulit kepala akan meningkat dan akar-akar rambut menjadi semakin kuat dan ternutrisi.

Caranya cukup mudah yaitu tuangkan sedikit castor oil pada telapak tangan dan ratakan pada seluruh permukaan kulit kepala dengan sedikit dipijat. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih dan keringkan.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Facial Foam untuk Kulit Berminyak dan Pori-Pori Besar, Sudah Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru