4 Masker madu yang sesuai dengan masalah kulit Anda

Senin, 26 April 2021 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Masker madu yang sesuai dengan masalah kulit Anda

ILUSTRASI. Masker madu bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat madu yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya enak dikonsumsi, bahan alami itu bisa Anda gunakan sebagai masker. Masker madu bisa jadi solusi berbagai macam masalah kulit yang sering Anda alami.

Antioksidan yang terkandung dalam madu bisa melawan berbagai macam tanda penuaan yang muncul di kulit. Misalnya, garis halus, noda hitam, dan lain-lain. Tidak berhenti sampai di situ, madu juga dipenuhi dengan antibakteri yang dapat mengobati jerawat dan mencegah penyumbatan pada pori-pori.

Cobalah untuk memakai madu secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jika muncul iritasi pada kulit setelah menggunakan bahan alami tersebut, segera hentikan pemakaian, ya.

Membersihkan Sel Kulit Mati

Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), kombinasi madu dan oatmeal cocok digunakan untuk membersihkan sel kulit mati. Dengan begitu, kotoran yang menyumbat pori-pori bisa hilang sehinga masalah kulit pun berkurang.

Cara yang harus Anda lakukan sangat mudah. Pertama, campur 1 sdm bubuk oatmeal dengan madu hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan pada kulit wajah selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan masker madu menggunakan handuk basah.

Baca Juga: 3 Bahan ini cocok jadi kombinasi masker lidah buaya

Cocok untuk Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, cobalah untuk mengatasinya dengan masker yang terbuat dari madu, minyak almond, dan teh hijau. Bahan-bahan alami tersebut dipenuhi dengan antioksidan dan antiinflamasi yang efektif melawan radikal bebas penyabab masalah kulit.

Caranya, campur 1 sdt madu, 1 sdt minyak almond, dan 1 sdt teh hijau. Setelah teraduk rata, gunakan pada kulit wajah lalu diamkan dulu selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Cobalah untuk melakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Mencerahkan Kulit

Masker madu juga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih cerah, lo. Pertama, campur 1 sdt bubuk kayu manis dengan 2 sdt madu. Aplikasikan pada wajah selama 10 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga: 3 Masker kunyit ini sesuai dengan masalah kulit Anda

Obat Jerawat

Masker madu bisa Anda buat dengan lemon dan baking soda untuk menjadi obat jerawat.

Health Shots mengatakan bahwa madu bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Anda perlu mencampur 1 sdt madu dengan 1 sdt air lemon dan 1 sdt baking soda untuk mendapat manfaat itu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru