4 Masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat dari bahan alami

Kamis, 25 November 2021 | 08:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat dari bahan alami

ILUSTRASI. Ada banyak masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa Anda jadikan pilihan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produksi minya kulit merupakan salah satu hal normal karena bisa melembabkan kulit. Namun, produksi minyak berlebih justru bisa menimbulkan masalah kulit, misalnya jerawat. Supaya hal itu dapat Anda hindari, cobalah untuk rutin memakai masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Hal pertama yang perlu Anda praktikkan adalah menjaga kebersihan kulit secara teratur. Usahakan untuk selalu mencuci kulit supaya tidak ada minyak atau jenis kotoran lain yang terperangkap di pori-pori kulit. Setelah itu, jangan lupa untuk memakai skincare lain, apalagi moisturizer atau pelembab.

Nah, di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa bahan alami yang dapat Anda pakai untuk menjaga kesehatan kulit berminyak dan mencegah jerawat. Anda perlu mencobanya dulu. Apabila tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Madu

Greatist (greatist.com) menyebutkan bahwa madu cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit berminya dan mudah berjerawat. Gunakan madu pada kulit selama beberapa menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Antibakteri yang ada dalam madu akan melawan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Pakai bahan alami, cara menghilangkan ketombe ini patut Anda coba

Lidah Buaya

Lidah buaya cocok jadi masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah lidah buaya. Sebelum tidur di malam hari, oleskan gel lidah buaya di seluruh permuakaan kulit. Biarkan semalaman kemudian bilas dengan air hangat setelah Anda bangun.

Putih Telur

Kulit berminyak dan berjerawat juga bisa diatasi dengan putih telur, lho. Mengutip Greatist, putih telur juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan di kulit, misalnya garis halus dan kerutan. Rutin memakai putih telur juga bisa membuat kulit wajah Anda semakin kencang.

Baca Juga: 11 Manfaat facial wajah yang mengejutkan

Oatmeal

Oatmeal cocok dijadikan masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan dalam oatmeal mampu menyerap minyak berlebih dan membersihkan sel kulit mati tanpa melukai kulit. Antiinflamasi dalam oatmeal juga mampu menenangkan kulit yang sedang meradang karena kemunculan jerawat.

Cara membuat masker oatmeal sangat mudah. Anda hanya perlu menyeduh oatmeal sesuai dengan intruksi yang ada di kemasan, diamkan sebentar, kemudian aplikasikan ke kulit. Diamkan dulu selama 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Selanjutnya: Lowongan kerja besar-besaran di BUMN IFG, fresh graduate bisa daftar!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru