4 Penyebab bulu kucing rontok ini perlu Anda ketahui

Senin, 22 November 2021 | 15:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab bulu kucing rontok ini perlu Anda ketahui

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang dapat jadi penyebab bulu kucing rontok.


HEWAN PELIHARAAN - Bulu kucing rontok bisa terjadi karena banyak hal. Tentu, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab bulu kucing rontok supaya bisa melakukan langkah perawatan apa yang dibutuhkan oleh hewan peliharaan Anda.

Menurut Catster.com, bulu kucing rontok, atau biasa disebut dengan alopecia, bisa dialami oleh semua jenis kucing. Faktor utama yang membuat kucing mengalami kondisi itu adalah alergi.

Sebenarnya, alopecia adalah salah satu hal yang normal terjadi. Bahkan, ada beberapa jenis kucing yang tak memiliki rambut sama sekali, seperti kucing sphynx. Namun, tentu saja bulu kucing yang rontok secara berlebihan perlu Anda waspadai.

Alergi

Alergi merupakan salah satu faktor umum yang membuat bulu kucing rontok. Awalnya, alergen, seperti kutu, menginfeksi kucing yang menimbulkan rasa gatal.

Untuk menghilangkan rasa gatal itu, kucing berusaha untuk menjilati tubuhnya sendiri yang mana membuat bulu rontok. Nah, keinginan kucing untuk terus menjilati tubuhnya tak diimbangi dengan kecepatan pertumbuhan bulu kucing.

Jika terus dibiarkan, penyebab bulu kucing rontok itu mengganggu kesehatan sistem saraf kucing. Akibatnya, kucing melakukan tindakan kompulsif yang semakin memperparah kerontokan bulu.

Baca Juga: Kucing pun butuh vaksinasi, ini daftar vaksin buat kucing peliharaan

Infeksi

Ada banyak faktor yang jadi penyebab bulu kucing rontok.

Infeksi jadi faktor lain yang memicu kerontokan bulu kucing. Melansir Catster.com, kucing yang Anda pelihara bisa terinfeksi jamur atau jenis kuman lain yang membuat gangguan pada kulit kucing sehingga bulunya pun menjadi rontok.

Efek samping obat

Tahukah Anda bahwa obat yang dikonsumsi kucing bisa jadi penyebab bulu kucing rontok? Anda tidak perlu khawatir karena menghentikan konsumsi obat tertentu pada kucing bisa membuat bulu kucing yang rontok berkurang.

Baca Juga: Ini tujuan sesungguhnya kucing makan rumput-rumputan

Penyakit

Selain rasa gatal berlebih, kucing bisa menjilati tubuhnya secara berlebihan karena merasa ada gangguan di jaringan di bawah kulit. Misalnya, kucing akan menjilati bagian persendian karena menderita artritis.

Itulah beberapa faktor yang membuat bulu kucing Anda rontok. Jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter hewan supaya kondisi kesehatan kucing bisa terdiagnosa dengan tepat.

Semakin cepat Anda mengobati penyakit kucing, semakin berkurang pula risiko kesehatan yang harus dialami kucing.

Selanjutnya: Cara kucing berkembang biak, mulai tanda birahi hingga tempat melahirkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru