5 Cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah

Kamis, 25 November 2021 | 11:57 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah


BANJIR - Cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah perlu diketahui masyarakat saat musim hujan seperti ini. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir. 

Sebab, saat musim hujan seperti ini sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami banjir seperti di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat maupun di DKI Jakarta. 

Untuk itu, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir harus mengetahui cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah. 

Cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah

Dirangkum dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, berikut adalah sejumlah cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah: 

1. Membuat biopori atau sumur resapan

Salah satu penyebab banjir adalah karena air dipermukaan tidak sepenuhnya meresap kedalam tanah. Oleh sebab itu untuk membuat air meresap kedalam tanah adalah dengan membuat sumur resapan atau lubang biopori di rumah. 

Biopori merupakan lubang-lubang kecil yang dibuat di tanah agar air tidak menggenang di permukaan. Saat ini dipasaran sudah tersedia alat bantu membuat biopori yang berbentuk seperti bor tanah.

Baca Juga: Waspada, ini 7 hal yang harus dilakukan saat banjir

2. Menguruk tanah

Salah satu cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah, jika rumah Anda berada lebih rendah dari permukaan jalan, Anda harus menguruk tanah di sekeliling rumah Anda. Namun kita juga harus tetap mempertimbangkan level lantai rumah Anda. 

Jika Anda tidak ingin menimbun semua halaman rumah Anda, Anda bisa membuatkan sebuah tanggul dipekarang rumah yang agak tinggi. Hal tersebut untuk menghindari air masuk ke pekarangan rumah Anda.

3. Meninggikan lantai rumah

Meninggikan lantai rumah memang menjadi salah satu cara mencegah banjir masuk rumah. Namun, langkah ini membutuhkan biaya besar. 

Kita harus mencermati banyak hal seperti, tinggi plafon, utilitas dibawah lantai dan masih banyak renovasi lainnya. Sebab meninggikan rumah sama seperti melakukan renovasi.

Baca Juga: 10 Kelurahan di Kota Tanjungbalai terendam banjir, pemukiman warga masih tergenang

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru