5 Cara Menetralisir Makanan Bersantan yang Mudah Dilakukan

Sabtu, 13 April 2024 | 05:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
5 Cara Menetralisir Makanan Bersantan yang Mudah Dilakukan

ILUSTRASI. ilustrasi ayam opor


KESEHATAN - JAKARTA. Pahami cara menetralisir makanan bersantan dengan alami. Santan mengandung lemak jenuh, yang dikenal sebagai lemak jenuh dalam bentuk asam lemak tertentu seperti asam laurat, asam miristat, dan asam palmitat.

Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang memiliki ikatan kimia tunggal di antara atom karbon dalam rantai lemaknya. Memasuki Idul Fitri, tentu banyak dari Anda mengonsumsi Opor Ayam Lebaran yang mengandung tinggi santan.

Sifat ini membuatnya padat pada suhu kamar. Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi santan dalam jumlah yang moderat sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

Baca Juga: 4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes hingga Jantung saat Lebaran

Resep Opor Ayam

Lemak jenuh menjadi salah satu jenis lemak dalam makanan yang kita makan dan minuman yang diminum. Sebagian besar berasal dari produk hewani, seperti produk susu, daging, dan unggas.

Untuk membatasi jumlah lemak jenuh yang konsumsi, pilih opsi produk susu, daging, dan unggas yang lebih rendah lemak seperti susu skim, daging sapi tanpa lemak, dan dada ayam panggang tanpa kulit.

Konsumsi terlalu banyak makanan tinggi lemak jenuh dapat berbahaya bagi kesehatan. Dengan mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: 4 Makanan Lebaran yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Tidak Menular

Untuk menetralisir lemak jenuh dalam diet Anda, Anda dapat mengambil beberapa langkah, dilansir dari NHS UK.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Anda bisa memulai dengan membatasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging berlemak, produk susu tinggi lemak, mentega, margarin padat, dan makanan olahan bersantan.

2. Pilih Lemak Tak Jenuh Sehat

Anda bisa mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan berlemak.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan untuk memilih produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, daging tanpa lemak, dan unggas tanpa kulit. Prioritaskan makanan utuh, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang.

4. Pertimbangkan Pengolahan Makanan

Anda bisa menhindari makanan yang diproses secara berlebihan atau digoreng dalam minyak yang banyak mengandung lemak jenuh. Pilih metode memasak yang lebih sehat, seperti memanggang, merebus, atau mengukus.

5. Kombinasikan dengan Aktivitas Fisik

Anda bisa mengurangi efek kesehatan seperti dengan menggabungkan perubahan pola makan yang sehat dengan rutin berolahraga untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan menyeimbangkan asupan lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa tips dalam menetralisir makanan bersantan dengan alami yang bisa dilakukan.

Selanjutnya: Inilah Gaji Polisi 2024, Jika Minat Segera Daftar Di Penerimaan.polri.go.id

Menarik Dibaca: Hujan Turun Tiap Hari, Ini Prakiraan Cuaca di Jabodetabek Sepekan ke Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru