5 Cara mengatasi hidung tersumbat, pakai teh hingga lemon

Rabu, 25 Agustus 2021 | 21:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi hidung tersumbat, pakai teh hingga lemon


KESEHATAN - Hidung tersumbat bisa terjadi karena berbagai macam sebab. Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan alami.

Penyebab hidung tersumbat mulai dari alergi, flu, atau jenis infeksi yang lain. Jika terus dibiarkan, hidung tersumbat bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Misalnya, Anda dapat mengalami sesak napas.

Aktivitas yang sedang Anda lakukan pun terhambat. Bahkan, hidung tersumbat juga bisa mengganggu waktu tidur di malam hari sehingga kualitas istirahat berkurang.

Perlu diingat bahwa bahan alami ini hanya sebagai obat sementara, ya. Bila hidung tersumbat tak kunjung sembuh dan muncul gejala lain yang lebih serius, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, perawatan yang tepat bisa Anda depat.

Nanas

Melansir Spoon University, nanas bisa digunakan sebagai obat hidung tersumbat, lo. Adanya enzim bernama bromelain mampu meredakan peradangan atau inflamasi sehingga hidung tersumbat pun dapat teratasi.

Baca Juga: Bisa pakai bahan alami, cek 4 cara mengobati sinusitis ini

Cabai rawit

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang memiliki rasa pedas, seperti cabai rawit. Kandungan dalam cabai rawit mampu menghancurkan lendir sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Lemon

Jika Anda mencari bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat, maka lemon bisa Anda jadikan pilihan. Jenis buah itu mengandung banyak asam sitrat dan antioksidan yang efektif melawan inflamasi.

Selain meredakan peradangan di saluran pernapasan, lemon juga mampu melawan inflamasi di bagian persendian atau bagian tubuh yang lain. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi air lemon juga bisa mencegah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan.

Baca Juga: 4 Cara obati sinusitis dengan bahan alami, mudah banget!

Jahe

Spoon University merekomendasikan jahe sebagai jenis rempah berikutnya untuk dijadikan obat hidung tersumbat. Sama seperti lemon, kandungan dalam jahe bisa mengatasi inflamasi sehingga lendir yang menyumbat saluran pernapasan dapat dikeluarkan.

Teh hijau

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat bisa pakai teh hijau.

Untuk menyembuhkan hidung tersumbat, tak ada salahnya untuk menjajal teh hijau. Usahakan untuk mengonsumsinya dalam keadaan hangat, ya.

Dengan begitu, tekanan akibat penyumbatan di tenggorokan dan dada dapat berkurang. Menambahkan sedikit madu pada teh hijau hangat juga bisa Anda coba.

Selanjutnya: 5 Makanan ini bisa menjadi obat sesak nafas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru