5 Cara mengatasi susah tidur ini perlu Anda praktikkan

Jumat, 08 Oktober 2021 | 13:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi susah tidur ini perlu Anda praktikkan

ILUSTRASI. Anda bisa mencoba berbagai macam cara mengatasi susah tidur.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sulit terlelap di malam hari merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, hal itu bisa jadi masalah bila terus terjadi dalam jangka waktu lama. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengatasi susah tidur yang sebaiknya Anda coba.

Tidur merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama enam hingga delapan jam per malam. Kualitas tidur di malam hari juga perlu Anda perhatikan.

Jika tidak, ada banyak masalah kesehatan yang Anda alami. Apabila setelah melakukan beberapa hal di bawah ini Anda tak menemukan hasil yang Anda inginkan, jangan ragu untuk segera mengonsultasikannya ke dokter.

Atur Suasana Kamar Tidur

Mengatur suasana kamar tidur penting untuk Anda lakukan. Mengutip dari Mana (mana.md), cobalah untuk meredupkan cahaya kamar tidur. Atur suhu ruangan supaya Anda merasa nyaman. Bila Anda memang membutuhkannya, cobalah untuk memasang peredam suara supaya Anda tidak terganggu.

Baca Juga: Gampang dan efektif, ini 6 cara menghilangkan sakit kepala

Kelola Stres

Cara mengatasi susah tidur bisa Anda coba dengan mengelola stres.

Salah satu faktor penyebab sulit tidur adalah stres yang tak terkontrol. Artinya, cara mengatasi susah tidur adalah dengan mengelola stres. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Misalnya, meditasi sebelum tidur atau melakukan kegiatan relaksasi yang lain.

Matikan Ponsel

Zaman sekarang, kebiasaan bermain ponsel dimiliki oleh hampir semua orang. Padahal, kebiasaan itu bisa mempersulit Anda untuk tidur, lo. Makanya, cobalah untuk tidak menggunakan ponsel sebelum waktu tidur datang. Anda juga bisa mematikan ponsel supaya tak tergoda untuk memainkan gawai tersebut.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Cara mengatasi susah tidur berikutnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman mendekati waktu tidur yang Anda jadwalkan. Hindari pula konsumsi kafein serta minuman berlakohol karena hal itu bisa semakin menyulitkan Anda untuk tidur.

Alih-alih mengonsumsi jenis minuman tersebut, Anda bisa minum teh kamomil. Kandungan dalam jenis teh tersebut mampu membuat Anda lebih rileks sehingga tidur semakin mudah untuk Anda lakukan.

Baca Juga: Penting Anda ketahui, coba 4 cara mengatasi vertigo ini

Jangan Tidur dengan Hewan Peliharaan

Tidak tidur dengan hewan peliharaan bisa jadi cara mengatasi susah tidur.

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Namun, jika Anda sulit tidur, cobalah untuk tidak menempatkan hewan peliharaan di ruangan yang sama di mana Anda tidur. Dengan begitu, Anda menjadi tak kesulitan untuk terlelap.

Selain beberapa cara di atas, Mana merekomendasikan Anda untuk mengunjungi dokter. Bisa jadi sulit tidur disebabkan oleh penyakit atau kondisi kesehatan lain yang Anda alami. Dengan memeriksakan diri ke dokter, kondisi Anda bisa terdiagnosa dengan baik.

Selanjutnya: Catat tips tidur siang yang paling optimal berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru