5 Cara menghilangkan bau kaki ini mudah dicoba, lo

Kamis, 08 Juli 2021 | 08:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan bau kaki ini mudah dicoba, lo

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bau kaki bisa Anda lakukan dengan bahan alami./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski tidak berbahaya, bau kaki bisa membuat Anda dan orang-orang di sekitar Anda tidak nyaman. Maka dari itu, cara menghilangkan bau kaki perlu segera Anda lakukan. Selain menggunakan produk yang dijual di pasaran, memanfaatkan bahan alami juga bisa Anda jadikan pilihan.

Perlu diketahui adalah bau kaki tidak berasal dari keringat yang Anda keluarkan. Namun, bau tidak sedap berasal dari pertumbuhan dan perkembangan bakteri di tempat yang lembab. Nah, bau kaki bisa semakin parah saat Anda tidak menjaga kebersihan kaki dengan benar.

Usahakan untuk memakai bahan-bahan alami ini secara rutin agar bau kaki bisa segera hilang. Namun, jika bau kaki terus Anda alami, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi keringat dan infeksi bakteri disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Minyak Lavender

Mengutip E Times (timesofindia.indiatimes.com), minyak lavender bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau kaki. Kandungan dalam minyak tersebut mampu membunuh bakteri yang menyebar. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak lavender pada kaki tiap sebelum tidur di malam hari.

Baca Juga: 4 Bahan yang bisa dipakai sebagai cara memutihkan gigi alami

Air Beras

Air beras dapat Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bau kaki, lo. Anda perlu merendam beras selama 30 menit terlebih dahulu. Setelah disaring, gunakan air beras untuk merendam kaki selama 10 hingga 15 menit. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak dua kali dalam seminggu.

Cuka Apel

Cuka apel dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki.

E Times merekomendasikan cuka apel untuk mengurangi bau kaki yang menyengat. Cuka apel mengandung zat asam yang dapat mengurangi bakteri dan menetralkan bau kaki yang tidak sedap. Anda hanya perlu merendam kaki dalam sewadah air yang telah dicampur ½ gelas cuka apel selama 10-15 menit.

Baca Juga: Cara menghilangkan bulu ketiak bisa pakai 8 bahan ini

Teh Hitam

Teh hitam atau black tea adalah bahan alami lain yang berguna sebagai penghilang bau kaki. Zat asam yang terkandung dalam jenis teh itu mampu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Tak hanya itu, teh hitam juga bisa memperkecil pori-pori kulit. Jadi, produksi keringat dapat berkurang.

Cara menghilangkan bau kaki dengan teh hitam cukup mudah. Pertama, rebus dua kantung teh hitam dalam air selama 15 menit. Setelah itu, singkirkan kantung teh dan tambahkan sedikit air di air rebusan teh. Rendam kaki pada air tersebut selama 15 hingga 30 menit.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, begini 4 cara menghilangkan lemak di perut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru