5 Cara menghilangkan panu di wajah ini pakai bahan alami

Selasa, 22 Juni 2021 | 14:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan panu di wajah ini pakai bahan alami

ILUSTRASI. Minyak kelapa dapat Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan panu.

KONTAN.CO.ID - Panu adalah salah satu penyakit kulit yang bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali wajah. Jika Anda mengalami hal itu, ada banyak cara menghilangkan panu di wajah yang bisa Anda praktikkan.

Malassezia globosa adalah jamur penyebab panu. Infeksi jamur ini bisa semakin parah saat Anda tidak menjaga kebersihan kulit dengan benar.

Lingkungan yang lembab dan kondisi cuaca di tempat tinggal Anda juga bisa memperparah infeksi jamur itu.

Sebenarnya, panu bisa diatasi dengan obat apotek. Namun, bahan-bahan alami juga bisa Anda jadikan pilihan. Selain mengatasi panu, nutrisi yang ada dalam bahan alami juga efektif menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Minyak Kelapa

Menurut laman Ayur Central, ada banyak manfaat minyak kelapa yang bisa Anda dapat. Bahan alami itu mampu menenangkan kulit, mengurangi rasa gatal dan sensasi terbakar, serta mengatasi masalah kulit lainnya yang muncul akibat panu.

Baca Juga: Panu bikin malu, ini 5 rekomendasi cara menghilangkannya

Yogurt

Cara menghilangkan panu di wajah berikutnya bisa Anda coba dengan memakai yogurt. Anda hanya perlu mengoleskan yogurt pada panu di kulit. Kandungan yang ada dalam produk olahan susu itu efektif mencegah infeksi jamur yang lebih parah.

Lidah buaya

Mengutip dari Ayur Central, lidah buaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit kulit, tak terkecuali panu.

Vitamin B12 yang terdapat dalam lidah buaya efektif mencegah pertumbuhan jamur yang lebih parah. Tidak berhenti sampai di situ, lidah buaya juga dapat menetralkan kondisi kulit sehingga panu lebih cepat sembuh.

Baca Juga: 10 Manfaat lengkuas sebagai obat herbal untuk rematik sampai campak

Bawang putih

Cara menghilangkan panu di wajah lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Bukan tanpa alasan, bahan alami itu mengandung antibakteri yang efektif mencegah infeksi jamur yang lebih parah dan mampu mengatasi kulit iritasi.

Kunyit

Salah satu cara menghilangkan panu di wajah adalah dengan memakai kunyit.

Panu juga bisa Anda hilangkan dengan kunyit, lo. Kunyit juga efektif mengatasi masalah kulit yang lain, seperti memar, kulit yang meradang, dan jenis infeksi kulit yang lain. Memakai kunyit secara rutin pun bisa mengatasi pigmentasi dengan efektif.

Selanjutnya: Rekomendasi 5 cara menghilangkan panu dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru