5 Makanan ini bisa jadi cara mengatasi maag, bisa Anda coba

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan ini bisa jadi cara mengatasi maag, bisa Anda coba


KESEHATAN - Ada banyak orang yang mengalami sakit maag. Untuk menghindari kondisi yang lebih parah, Anda perlu segera melakukan cara mengatasi maag.

 Biasanya, penyakit maag ditandai dengan sakit perut, nyeri dada, heartburn, dan gejala yang lain.

Sebelum mengenal jenis makanan apa yang cocok dikonsumsi oleh penderita maag, Anda perlu mengenali jenis makanan apa saja yang sebaiknya Anda hindari.

Mengutip dari Gastroenterology Consultants (gastroconsa.com), ada beberapa jenis makanan yang justru memperparah penyakit maag.

Anda perlu mewaspadai makanan pedas dan berlemak. Capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas dapat memperlambat proses pencernaan dan mengiritasi saluran pencernaan Anda.

Selain makanan pedas dan berlemak, cokelat juga perlu Anda hindari. Alasannya, senyawa dalam jenis makanan itu dapat memperparah heartburn.

Bawang putih, bawang merah, dan minuman berkarbonasi pun perlu Anda hindari. Daripada mengonsumsi makanan tersebut, cobalah makanan berikut:

Baca Juga: Penderita asam lambung, ini 10 kebiasaan buruk yang harus dijauhi

Yogurt

Cara mengatasi maag yang pertama adalah dengan mengonsumsi yogurt. Produk olahan susu itu efektif meradakan peradangan di saluran pencernaan.

Tidak berhenti sampai di situ, yogurt merupakan jenis makanan yang bisa jadi sumber protein dan probiotik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Jahe

Salah satu cara mengatasi maag adalah dengan makan jahe.

Obat maag berikutnya yang bisa Anda jadikan opsi adalah jahe. Jahe mengandung antiinflamasi yang dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memanfaatkan jahe. Mulai dari mengonsumsinya langsung hingga minum air rebusan jahe.

Sayur dan buah non sitrus

Kebanyakan sayur dan buah bisa jadi makanan yang tepat untuk penderita maag. Selain memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah, sayur dan buah juga memiliki banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi buah sitrus atau buah lain dengan rasa asam, ya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi obat maag ini dari bahan-bahan alami, lo

Lemak sehat

Mengonsumsi alpukat termasuk cara mengatasi maag.

Selanjutnya, mengonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak lemak sehat bisa jadi salah satu cara mengatasi maag. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat, minyak zaitun, dan kacang kedelai.

Oatmeal

Gastroenterology Consultants menyebutkan, oatmeal cocok dijadikan obat maag karena mengandung banyak serat.

Dengan begitu, asam lambung naik yang jadi salah satu penyebab maag dapat teratasi dengan baik. Selain oatmeal, Anda juga bisa menjajal nasi cokelat.

Selanjutnya: Tak hanya heartburn, waspadai 5 gejala sakit maag ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru