6 Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik dan Lebaran di Tengah Covid-19 Varian Arcturus

Jumat, 21 April 2023 | 15:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik dan Lebaran di Tengah Covid-19 Varian Arcturus


MUDIK LEBARAN - Mudik dan Lebaran adalah momen yang sangat dinantikan umat Muslim di Indonesia. Di tengah antusiasme saat mudik dan menjalani Lebaran, banyak orang lupa menjaga kesehatan tubuh mereka. Padahal, kini Covid-19 varian Arcturus atau Omicron XBB.1.16 telah ditemukan di Indonesia.

Ahli kesehatan menganjurkan, untuk mewaspadai penularan Covid-19 varian terbaru itu, terutama pada anggota keluarga dengan riwayat komorbid.

Apalagi, kepadatan orang di tempat-tempat umum selama mudik dan Lebaran meningkatkan risiko terkena penyakit menular seperti flu atau infeksi saluran pernapasan.

Baca Juga: 7 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mudik dan Lebaran juga dapat menyebabkan stres karena perjalanan jauh, kepadatan kendaraan, dan persiapan jelang Idul Fitri.

Selain itu, saat Lebaran masyarakat juga cenderung mengonsumsi makanan bersantan, berlemak, karbohidrat, dan gula yang tinggi seperti opor ayam, hingga kue dan minuman manis menimbulkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh saat mudik dan Lebaran, penting memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang sehat serta mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Dengan cara tersebut, Anda dapat menikmati momen mudik dan Lebaran dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga: Urai Antrean di SPBU, Pertamina Imbau Pembayaran BBM Secara Nontunai

Cara menjaga kesehatan saat mudik dan Lebaran

PUNCAK ARUS MUDIK DI GERBANG TOL CIKAMPEK

Dikutip dari keterangan resmi Lifepal, berikut adalah cara menjaga kesehatan saat mudik dan Lebaran dari Benny Fajarai sebagai Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id:

1. Terapkan protokol kesehatan 5M

Kunci utama untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 adalah menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Baca Juga: Malas Kena Macet Mudik atau Balik? Jalur Pantai Selatan Jawa Bisa Jadi Pilihan

Seperti diketahui, membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik untuk menghindari penyebaran penyakit. Dengan begitu, aktivitas ini dapat memberikan pertahanan yang baik bagi tubuh kita.

Tak hanya itu saja, langkah pencegahan lainnya yang tak kalah penting dilakukan adalah menggunakan masker saat bepergian. Selain menjaga dari penyebaran virus, masker juga dapat melindungi organ pernapasan kita dari debu, asap, dan udara kotor.

Baca Juga: Arus Mudik H-3 Mencapai 163.000 Kendaraan di Tol Cikampek

2. Hindari mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan

Agar virus tidak mudah menyerang tubuh, maka kunci utama menjaganya adalah dengan memperbaiki sistem imun atau daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, protein, lemak, dan mineral.

Dengan begitu, penting untuk Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dengan porsi yang cukup, hindari konsumsi makanan yang berlemak, berminyak, dan terlalu manis. Selain itu, cukup minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga: Saat Masa Lebaran, OJK Sarankan Pengiriman Barang Menggunakan Asuransi

3. Cukup beristirahat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, maka langkah penting yang dapat dilakukan adalah dengan istirahat yang cukup. Kebalikannya, sering mengabaikan kebutuhan istirahat, dapat melemahkan stamina tubuh, dan menurunkan daya tahan tubuh yang membuat kita rentan terhadap penyakit.

Untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga terhindar dari beragam penyakit, usahakan menjaga waktu istirahat minimal 6 jam bagi orang dewasa.

Baca Juga: Jalin Pembayaran dan Baznas Buka Posko Mudik Lebaran

4. Rajin berolahraga

Lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan santai atau peregangan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Aktivitas ini tidak hanya melancarkan peredaran darah dan membakar kalori saja, tapi juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Anda dapat menyisihkan waktu sekitar 15-30 menit untuk berolahraga setiap hari.

Baca Juga: Tips Menentukan Asuransi Kesehatan yang Bisa Perempuan Pertimbangkan

5. Hindari stres

Cobalah untuk menghindari situasi yang dapat menimbulkan stres dan lakukan relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam.

6. Lindungi tubuh dengan asuransi kesehatan

Berbagai macam penyakit bisa datang kapan saja dan tanpa diduga, terutama di masa Covid-19. Dengan asuransi kesehatan, biaya pengobatan dan perawatan akan lebih ringan.

Baca Juga: Catat Tanggal Lebaran Sale Blibli Pastikan Liburan Makin Seru

Pasalnya, asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan untuk Anda mengeluarkan biaya rawat inap, menjalani pengobatan penyakit kritis, operasi, dan bisa memberi penanganan terhadap kecelakaan tak terduga.

Sebagian asuransi kesehatan juga menjamin biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan, serta imunisasi untuk bayi dan anak-anak sesuai dengan polis yang dimiliki.

Demikian cara menjaga kesehatan saat mudik Lebaran di tengah Covid-19 varian Arcturus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru